Panduan Praktis Servis Sistem Chassis Sepeda Motor
Panduan Praktis Servis Sistem Chassis Sepeda Motor |
Sebuah sepeda motor terdiri dari beberapa sistem. Sistem-sistem tersebut mesti dirangkai sehingga menjadi satu kesatuan yang padu. Di sinilah, pentingnya chassis sepeda motor. Sistem ini terdiri dari suspensi, roda, dan pengereman. Temukan pembahasan lebih mendalam mengenai kelengkapan sistem chassis hanya dalam buku ini. Rangka (chassis) merupakan tulang punggung kendaraan, yang berfungsi menyatukan/merangkai mesin, sistem suspensi, dan sistem kelistrikan, serta serta sebagai penyangga penumpang/beban. Selain kuat, rangka harus mempunyai nilai kelenturan/fleksibilitas, yang berfungsi untuk meredam getaran/goncangan berlebihan yang diakibatkan tenaga yang dihasilkan mesin maupun akibat kondisi jalan yang buruk.
Chassis sepeda motor terdiri dari beberapa sistem, yaitu suspensi, roda, dan pengereman. Untuk mencegah sepeda motor bergetar secara berlebihan, maka sepeda motor dilengkapi dengan sistem suspensi. Adapun rem berfungsi untuk memperlambat laju sepeda motor atau untuk menghentikan sepeda motor. Rem digunakan pada sepeda motor ada 2 macam, yaitu rem troml dan rem cakram. Rem tromol pada sepeda motor adalah rem tromol mekanik, yaitu dengan perantaraan kawat untuk meneruskan tenaganya. Sedangkan rem cakram yang digunakan pada sepeda motor ada 2 macam, yaitu rem cakram hidrolik dan rem cakram mekanik. Pembahasan lebih mendalam mengenai kelengkapan sistem chassis dapat Anda temukan dalam buku ini.
Spesifikasi Buku:
JUDUL: Panduan Praktis Servis Sistem Chassis Sepeda Motor
PENULIS: Drs. Buntarto, M.Pd
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-602-6237-05-7
TAHUN: 2018
UKURAN: 15 X 23
HALAMAN: 144
Belum ada Komentar untuk "Panduan Praktis Servis Sistem Chassis Sepeda Motor "
Posting Komentar