Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Manusia Sekolah & Sekolah Manusia

Manusia Sekolah & Sekolah Manusia
Manusia Sekolah & Sekolah Manusia
Pendidikan di negeri ini menunjukkan wajah yang tidak hanya compang-camping, tetapi juga sangat sangar terhadap rakyat. Institusi-institusi pendidikan formal yang bernama sekolah menjadi sesuatu yang sangat mahal bagi rakyat miskin. Cara-cara Pemerintah menangani pendidikan semakin memperlihatkan kekacauan dan kegagalan. 

Salah satunya adalah Ujian Akhir Nasional (UAN), yang hingga kini terus di kritik, karena tidak memberi kontribusi baik bagi peningkatan mutu pendidikan. Dengan menggunakan standar kelulusan secara nasional dan hanya mengujikan mata pelajaran yangtelah ditetapkan, Pemerintah mengabaikan beberapa faktor yang tidak mungkin bisa dijangkau oleh semua siswa dan tidak mengakomodasi kemampuan siswa yang lain. 

Persoalan pendidikan di negeri adalah memang merupakan tanggung jawab dan kewaji ban negara. Pemerintah sebagai representasi negara adalah pihak yang mempunyai kekuasaan, termasuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan. Sementara rakyat-sebagai individu dan kelompok- adalah pihak yang ikut serta membantu pengembangan pendidikan. 

Buku berjudul "Manusia Sekolah & Sekolah Manusia" adalah harapan bahwa pendidikan formal yang diidentikkan dengan sekolah seharusnya menampakkan wajah demikian. Manusia-manusia yang bersekolah seharusnya menunjukkan diri sebagai "manusia" yang sebenarnya. Sekolah yang dibangun dan dioperasikan, seharusnya berupa sekolah-sekolah untuk manusia. Artinya, karena sekolah tersebut dibangun dan menampung manusia untuk belajar menjadi "manusia", maka harus menggunakan cara-cara manusiawi: toleran, inklusif, dialog, dan anti kekerasan. kenyataannya, caci maki, kekerasan dan adu otot dari jalanan hingga gedung parlemen dilakukan oleh manusia-manusia sekolah. Sehingga muncul anggapan bahwa sekolah berkontribusi pada budaya hidup yang mengedepankan caci maki, kekerasan, dan adu otot.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: Manusia Sekolah & Sekolah Manusia
PENULIS: M.Ghufron H.Kordi K
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-602-7819-86-3
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 200 

Belum ada Komentar untuk "Manusia Sekolah & Sekolah Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel