Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Bagaimana Kolaborasi Lembaga Pendidikan Yang ada Di Desa dan Perpustakaan Desa ?

Perpustakaan saat ini sudah semakin terpinggirkan. Entah perpustakaan yang ada di sekolah ataupun di masyarakat. Padahal perpustakaan ini sangat penting untuk menyediakan berbagai macam buku yang berfaedah bagi khalayak luas. Inovasi kreatif untuk mengembangkan pengetahuan masyarakat bisa dilakukan dengan membangun perpustakaan desa. Perpustakaan ini menyediakan berbagai jenis buku di wilayah desa yang dipilih. Program inovatif ini pastinya akan menarik perhatian banyak orang bila dilakukan kolaborasi tepat antara lembaga pendidikan dengan perpustakaan desa itu sendiri.

Bagaimana Kolaborasi Lembaga Pendidikan Yang ada Di Desa dan Perpustakaan Desa

Kolaborasi Konkret antar Lembaga Pendidikan dengan Perpustakaan Desa

Pembangunan perpustakaan desa haruslah dilakukan dengan matang dan detail agar program ini tidak menjadi mubazir nantinya. Perpustakaan desa ini diharapkan berada di lokasi strategis sehingga masyarakat bisa menjangkau dan mengunjunginya kapanpun saat mau. Untuk meningkatkan peran dari perpustakaan desa ini, pastikan bahwa perpustakaan ini memiliki ruangan khusus sehingga pengunjung bisa nyaman dan aman saat mencari buku, membaca buku, ataupun berdiam diri lebih lama di perpustakaan. Tempat ini menjadi penyambung fungsi perpustakaan sekolah yang ada di sekolah – sekolah. Ini berarti siswa bisa mencari buku yang mereka inginkan di perpustakaan desa ini. Tak heran bila peran konkret dan nyata dari lembaga pendidikan yang ada di desa bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan perkembangan dari perpustakaan desa itu sendiri untuk kebaikan banyak orang. Perpustakaan desa dibangun untuk meningkatkan minat membaca di desa.

Kolaborasi Konkret antar Lembaga Pendidikan dengan Perpustakaan Desa

Perpustakaan desa ini sebagai sumber ilmu dengan ribuan buku inovatif dan menarik sehingga menarik minat banyak orang. Berbagai jenis buku bisa didapatkan di perpustakaan desa untuk meningkatkan daya pikir manusia lebih baik dan luas. Untuk menarik minat lembaga pendidikan berkolaborasi dengan perpustakaan desa, pastinya diperlukan trik jitu dan tepat agar bisa bekerja sama untuk meningkatkan partisipasi masyarakat berkunjung dan beraktivitas di dalam perpustakaan desa. Ketika perpustakaan desa semakin terkenal, pastinya akan lebih banyak pengunjung yang datang di perpustakaan desa ini. Gerakan dan aktivitas ini bisa meningkatkan minat baca buku – buku penting yang disediakan di dalam perpustakaan desa.

Peranan Lembaga Pendidikan di Desa untuk Perpustakaan Desa

Mengambil alih peranan lembaga pendidikan bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas dan fungsi dari perpustakaan desa itu sendiri. Ada beberapa peranan penting yang bisa didapatkan dari lembaga pendidikan untuk membantu proses peningkatan pengunjung dan tingkat kebutuhan perpustakaan desa.

Penyambung Lidah 

Hal pertama adalah mampu menjadi penyambung lidah antara siswa – siswa sekolah yang membutuhkan fungsi perpustakaan dengan perpustakaan desa. Ini berarti siswa yang belum sempat mencari buku yang diharapkan di dalam perpustakaan sekolah, maka bisa mencari alternatif lainnya dengan mencari buku – buku di perpustakaan desa. Tentu saja ini akan membuat siswa – siswa mendapatkan kemudahan yang luar biasa untuk membaca buku, mencari buku, ataupun beraktivitas di dalam perpustakaan.

Peranan Lembaga Pendidikan di Desa untuk Perpustakaan Desa

Melakukan Promosi 

Hal lainnya adalah dengan melakukan promosi luar biasa untuk mempopulerkan perpustakaan desa di kalangan masyarakat luas. Adanya perpustakaan desa tak ada artinya bila tidak diimbangi dengan promosi kepada masyarakat. Promosi bisa dilakukan oleh lembaga pendidikan di desa kepada khalayak luas ataupun siswa yang berada dibawah naungannya. Hal ini akan semakin mempopulerkan fungsi dari perpustakaan desa itu sendiri. Promosi bisa dilakukan dengan hal dan cara sederhana. Misalnya, bila lembaga pendidikan di desa tersebut memiliki murid ataupun anggota, maka bisa diinformasikan tentang adanya perpustakaan desa tersebut.

Melakukan Promosi

Bentuk promosi juga bisa dilakukan dengan cara lainnya. Bila Anda memiliki cukup murid ataupun member di dalam lembaga pendidikan Anda, maka bisa dimanfaatkan untuk menyelamatkan pembangunan dari perpustakaan desa itu sendiri. Anggota ataupun siswa tersebut bisa diinformasikan terkait pembukaan perpustakaan desa yang berada tak jauh dari tempat tinggalnya. Anda bisa berkolaborasi dengan melakukan kunjungan singkat di dalam perpustakaan desa. Cara ini cukup efektif untuk mencegah degradasi perpustakaan desa yang saat ini mulai dibangun di setiap desa. Itulah beberapa hal mudah yang bisa dilakukan oleh lembaga pendidikan di desa dengan perpustakaan desa itu sendiri sehingga menciptakan hubungan yang harmonis satu sama lain.

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Kolaborasi Lembaga Pendidikan Yang ada Di Desa dan Perpustakaan Desa ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel