Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Perpustakaan Tudang Sipulung : Perpustakaan Desa Inovatif di Luwu Timur

Menilai kualitas perpustakaan adalah tugas evaluasi terhadap kinerja perpustakaan desa. Tugas ini dilakukan langsung oleh pemerintah pusat yang bertanggung jawab terhadap peningkatan kualitas dan taraf hidup masyarakat desa. Mengapa masyarakat desa perlu diberdayakan? Karena dari desa banyak sekali sumber daya manusia yang bisa digali dan dimanfaatkan untuk kemajuan ekonomi masyarakat.

Dengan memaksimalkan potensi masyarakat desa, diharapkan pertumbuhan sektor ekonomi mikro dan kecil menengah akan semakin meningkat. Saat ini masyarakat didorong untuk dapat mandiri merintis bisnis bukan sebagai karyawan. Pebisnis akan lebih mampu memutar roda perekonomian dari lini paling kecil yaitu rumah tangga.

Perpustakaan Tudang Sipulung  Perpustakaan Desa Inovatif di Luwu Timur

Kendala yang sering dihadapi dalam upaya memberdayakan masyarakat pedesaan adalah kurangnya akses informasi. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya lokasi yang sulit dijangkau, sehingga fasilitas internet dan media masa tidak dapat masuk. Perpustakaan desa adalah solusi tepat dalam rangka memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat. Secara leluasa informasi bisa didapatkan sebanyak-banyaknya.

Puncak Indah Luwu Timur terletak di Sulawesi Selatan. Provinsi yang kaya akan potensi laut dan pariwisata ini memiliki salah satu perpustakaan desa kebanggaan masyarakat setempat. Perpustakaan Tudung Sipulung mampu memukau tim penilai perpustakaan desa, dengan kualitasnya yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia.

Kualitas Perpustakaan Tudang Sipulung

Secara umum perpustakaan desa Tudang Sipulung mendapatkan juara 6 tingkat nasional. Masuk dalam kategori cluster A. Kualitas ini sangat diapresiasi oleh pemerintah setempat dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Luwu Timur. Meskipun letaknya di daerah pedesaan, perpustakaan desa ini mampu menyetarakan kualitasnya dengan perpustakaan desa berkualitas dari pulau Jawa dan Bali.

Kualitas perpustakaan desa ditentukan oleh peran serta para stakeholders. Bagaimana upaya pengembangan yang dilakukan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pengunjung. Sehingga menarik perhatian dan minat pengunjung untuk kembali menggunakan fasilitas perpustakaan desa. Kenyamanan dan infomasi memadai adalah komponen utama yang wajib ditingkatkan. Hal ini merupakan kewajiban rpara pengelola perpustakaan desa.

Peran serta masyarakat sebagai penentu kesuksesan upaya peningkatan mutu perpustakaan desa sangat besar. Keterlibatan pemerintah daerah setempat seperti kepala desa, camat dan bupati juga menjadi penilaian tim. Kerja sama tersinergi menentukan perkembangan dan keberhasilan upaya pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan fasilitas perpustakaan desa. Semakin besar peran pemerintah memperbesar keberhasilan program yang diselenggarakan.

Prestasi Perpustakaan Tudang Sipulung 

Komponen yang menentukan penilaian kualitas perpustakaan desa Tudung Sipulung adalah inovasi dan kreatifitas. Inovasi dalam segala bidang dibutuhkan sebagai upaya mengikuti perkembangan informasi dan teknologi. Supaya nantinya masyarakat bisa bersaing secara sehat sesuai bidangnya masing-masing. Inovasi yang diberikan kepada masyarakat berupa kemajuan teknologi.

Sehingga masyarakat pedesaan melek terhadap teknologi dan lebih berkembang. Selain itu, perpustakaan ini juga memiliki ruangan yang terstandar luasnya. Kelengkapan kursi dan meja, bersih, kelengkapan koleksi buku, sarana informasi lainnya menjadi penentu kualitas perpustakaan. Kualitas ini akan menjadi magnet yang menarik minat masyarakat untuk berkunjung dan memanfaatkan fasilitas umum ini.

Letaknya yang strategis dan mudah dijangkau memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk menemukan keberadaan perpustakaan desa. Sehingga hal ini membuat jumlah pengunjungnya semakin banyak, karena lokasinya sangat mudah ditemukan oleh siapa saja. Tak hanya itu saja, prestasi yang didapat perpustakaan Tudung Sipulung ini diikuti oleh perpustakaan desa lainnya.

Dimana perpustakaan desa yang berada di wilayah Sulawesi Selatan mulai mengikuti prestasinya. Bahkan saat ini terdapat lebih dari 100 perpustakaan desa yang tersebar di suluruh Wilayah Sulawesi Selatan. Kedepannya  perpustakaan ini akan mendapatkan fasilitas dan pembinaan yang setara, sehingga mampu memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat di sekitarnya.

Belum ada Komentar untuk "Perpustakaan Tudang Sipulung : Perpustakaan Desa Inovatif di Luwu Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel