Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Ramalan Jayabaya Apa Relevansinya Dengan Ramalan Suku Maya

Ramalan Jayabaya Apa Relevansinya Dengan Ramalan Suku Maya
Ramalan Jayabaya Apa Relevansinya Dengan Ramalan Suku Maya
EPISODE hidup Jayabaya, Raja Kerajaan Mamenang—Kediri (1130-1157M), dalam panggung realitas sejarah Nusantara ini terasa mendahului zaman yang membingkainya. Boleh hanya satu pilihan kata, yakni "sakti" untuk membungkus sosok yang percikan-percikan kedahsyatan talentanya seperti tak pernah lekang terpanggang modernitas zaman dan tak pernah lapuk karena membanjirnya kajian-kajian berformat keilmiahan. Justru warisan ungkapan-ungkapannya yang termaktub dalam Jangka Jayabaya (baca: ramalan Jayabaya) merupakan "kamus" dari masa lampau untuk menjawab bergulirnya fenomena-fenomena zaman hingga kini. Tanpa perlu memaksa, namun agaknya harus diakui bahwa figur ini memiliki daya linuwih (energi dahsyat) ketika melakonkan dirinya sebagai pimpinan politik atau pemerintahan, sastrawan, budayawan, sekaligus berjubah kereligiusan. 

Prabu Jayabaya berhasil mengeksplorasi kecerdasan identitas dirinya untuk memberi warning bagi generasi-generasi berikutnya. Maka, tokoh besar ini dilabeli dengan kalimat weruh sadurunge winarah (paham atau sudah tahu sebelum diberitahu). Nah, sajian buku ini membawa kita seolah-olah berhadapan langsung dengan sosok Sang Prabu. Tidak saja paparan informatif historis mengenai sekuen kehidupan dirinya. Penulis buku ini juga mengajak kita memahami alur-alur pikiran dan ungkapan jiwa Jayabaya untuk mengeja, membaca, bahkan mengintip masa depan. Anda akan terkejut sebab pada suatu ketika apa yang disuratkan Jayabaya menjadi kenyataan adanya. Maka, tanpa bermaksud melebih-lebihkan, ada hikmah yang terpancar ketika menyimak jangka yang sudah digoreskannya berabad-abad lampau. Patut kita jadikan referensi untuk berlaku arif di kala kehidupan dunia tak lagi ramah.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: Ramalan Jayabaya Apa Relevansinya Dengan Ramalan Suku Maya
PENULIS: S. Narwoto
PENERBIT: Pustaka Mahardika
ISBN: 978-979-268-530-8
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 240 

Belum ada Komentar untuk "Ramalan Jayabaya Apa Relevansinya Dengan Ramalan Suku Maya "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel