Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Prospek Lerak, Tanaman Industri Pengganti Sabun

Prospek Lerak, Tanaman Industri Pengganti Sabun
Prospek Lerak, Tanaman Industri Pengganti Sabun
Buah lerak (Sapindus rarak), setelah dipisahkan dari bijinya biasanya dipakai oleh masyarakat untuk mencuci batik ataupun perhiasan. Di pasar-pasar tradisional, banyak dijumpai buah lerak jika musim panen telah tiba. Mungkin untuk beberapa tahun yang lalu buah lerak hampir tidak memiliki nilai ekonomis sehingga banyak pohon lerak ditebang untuk dimanfaatkan kayunya. Namun, saat ini lerak memiliki nilai jual yang tinggi semenjak diekspor ke negara Perancis. Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya dibanding deterjen sintetis, alangkah baiknya mulai diupayakan pengenalan manfaat buah lerak dan pembudidayaan tanaman lerak. 

Selain sebagai pencuci kain batik di Jawa, biasa juga digunakan untuk mencuci perhiasan yang terbuat dari logam mulia, sebagai pembersih muka guna menghilang-kan jerawat dan dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit terutama penyakit kudis. Dalam bidang pertanian, dapat digunakan sebagai insektisida (serangga) dan nematisida terutama cacing tanah. Biji yang bulat dapat digunakan sebagai industri kerajinan tangan, banyak digunakan sebagai tasbih karena warnanya hitam seperti kayu eboni. Anda tertarik dengan bisnis buah "sabun" ini? Ya, sabun, komoditas yang selalu dibutuhkan dan tidak akan pernah berhenti. Pada saat yang sama, sabun, yang banyak beredar ternyata mengandung bahan kimia yang justru berdampak buruk bagi kesehatan. Buku ini akan mengantar Anda meraih peluang besar bisnis buah yang memiliki banyak fungsi ini.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: Prospek Lerak, Tanaman Industri Pengganti Sabun
PENULIS: Rifki Iskandar
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-602-1674-13-8
TAHUN: 2018
UKURAN: 15 x 23
HALAMAN: 166

Belum ada Komentar untuk "Prospek Lerak, Tanaman Industri Pengganti Sabun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel