Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Tips Jitu Menjadi Perpustakaan Desa Terbaik Se-Indonesia

Apakah desa yang sekarang ini Anda tinggali sudah memiliki perpustakaan desa? Atau malah sedang memiliki rencana untuk membangun perpustakaan desa? Perpustakaan desa merupakan salah satu fasilitas yang mulai dipandang penting untuk dimiliki setiap desa. Dengan adanya perpustakaan desa, budaya membaca di Indonesia bisa semakin ditingkatkan.

Selain itu, dengan adanya perpustakaan desa, anak-anak yang ingin menambah pengetahuan, bisa semakin lebih mudah, tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk membaca buku. Mengingat manfaat yang dimiliki oleh perpustakaan desa, sayang rasanya jika sebuah desa tidak memiliki perpustakaan ini.

Untuk menjadi perpustakaan desa terbaik, usahakan perpustakaan desa tersebut memiliki buku bacaan yang lengkap, mulai dari untuk anak-anak hingga orang dewasa

Ketika membangun perpustakaan desa, apa hal yang berada di fikiran Anda? Apakah Anda ingin menjadikan perpustakaan desa tersebut sebagai perpustakaan desa terbaik se-Indonesia? Tentu saja keinginan tersebut wajar adanya. Namun, untuk membuat perpustakaan desa menjadi perpustakaan desa terbaik, bukan hal mudah. Agar semakin memudahkan Anda, berikut tips yang dapat diikuti.

Tips Agar Menjadi Perpustakaan Desa Terbaik, Dari Segi Buku Bacaan

Untuk menjadi perpustakaan desa terbaik, usahakan perpustakaan desa tersebut memiliki buku bacaan yang lengkap. Jangan salah, buku-buku yang berada di perpustakaan desa bukan hanya diperuntukkan untuk anak-anak. Namun buku-buku yang ada di perpustakaan desa diperuntukkan untuk masyarakat, sehingga buku yang berada di sana harus lengkap. Semakin lengkap jenis koleksi buku yang ada di perpustakaan desa, maka akan semakin meningkatkan kualitas dan grade perpustakaan desa tersebut

Untuk buku anak-anak, bisa memilih buku belajar membaca, buku belajar mengeja, huruf, nama-nama hewan, nama-nama buah, cerita anak, buku tentang ilmu pengetahuan sederhana dan yang lainnya. Buku-buku ini sangat berguna untuk perkembangan anak. Cari buku-buku yang menarik, sehingga tidak membuat anak-anak bosan mengeksplore buku.

Selain untuk anak-anak, ada pula buku yang diperuntukkan untuk orang dewasa. Buku-buku ini seperti novel tentang kehidupan, percintaan, motivasi, kesehatan, pariwisata. Ada pula buku memasak, buku yang berhubungan dengan teknik dan teknologi terapan, hingga buku yang berhubungan dengan pertanian, perikanan dan peternakan. Perbanyakan buku yang mengeksplore desa di sekitar Anda. Tak kalah penting juga adalah buku-buku terkait tata kelola desa serta pengembangan ekonomi kreatif masyarakat desa.

Selain buku, buat perpustakaan desa menjadi gedung atau tempat yang nyaman untuk membaca buku, serta buat desain perpustakaan desa yang menarik. Sebenarnya, perpustakaan desa tidak perlu luas-luas, karena penataan desain bisa diatur, untuk memberikan kesan luas. Hal yang pasti, pastikan perpustakaan desa mampu menampung rak buku dan beberapa orang untuk membaca di dalamnya.

Kembangkan Inovasi Pada Perpustakaan Desa

Selain buku-buku dan gedung, inovasi juga dibutuhkan untuk menjadi perpustakaan desa terbaik. Jika gedung, buku dan berbagai macam fasilitas di perpustakaan desa tersebut sudah memadai, masyarakat sekitar juga bisa membuat perpustakaan desa keliling, sehingga masyarakat yang memiliki lokasi sedikit jauh dari desa bisa membaca dengan bebas.

Tak hanya itu, akan lebih baik lagi jika perpustakaan desa memiliki situs web, yang berisi informasi perpustakaan desa yang berada di daerah tersebut. Sehingga mereka yang ingin meminjam buku, bisa dengan mudah mengakses serta mencari tahu, apakah buku yang ingin dipinjam sudah dipinjam terlebih dahulu oleh orang lain atau belum.

Inovasi lain yang bisa dikembangkan adalah memasang internet tanpa kabel di perpustakaan desa. Namun, ketika memasang internet tanpa kabel, pastikan orang-orang yang berada di sana tidak menggunakan internet untuk hal yang kurang tepat, seperti bermain game sendiri, atau malah mendownload game.

Untuk menjadi perpustakaan desa terbaik se-kota, atau bahkan se-Indonesia memang dibutuhkan perjuangan tersendiri, lebih-lebih kerjasama dari masyarakat. Mulai dari segi anggaran untuk pengadaan buku, hingga pembangunan gedung perpustakaan desa. Semoga berbagai macam informasi mengenai perpustakaan desa di atas bermanfaat bagi Anda. Mari bangun perpustakaan desa mulai dari sekarang.

Belum ada Komentar untuk "Tips Jitu Menjadi Perpustakaan Desa Terbaik Se-Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel