Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Deretan Inovasi Perpustakaan Desa yang Bisa Anda Ikuti

Beberapa tahun belakangan ini, pembangunan Perpustakaan Desa memang semakin digenjot, agar Perpustakaan Desa di Indonesia menjadi semakin banyak. Perpustakaan Desa merupakan sebuah fasilitas atau sarana yang sengaja dibangun untuk memenuhi kebutuhan membaca masyarakat desa. Sehingga masyarakat dapat membaca buku secara gratis.

Sayangnya, untuk Perpustakaan Desa yang sudah dibangun, tidak sedikit yang sepi peminat, atau bahkan minim pengunjung maupun peminta buku. Tentu saja hal ini sangat mengkhawatirkan, karena untuk mewujudkan pembangunan Perpustakaan Desa ini membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sehingga sayang rasanya jika anggaran ini tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Deretan Inovasi Perpustakaan Desa yang Bisa Anda Ikuti

Sebenarnya, ada berbagai macam inovasi yang bisa dilakukan untuk m
embuat Perpustakaan Desa ini menjadi ramai pengunjung, yakni melakukan deretan pembaharuan. Namun, terlebih dahulu, kita harus mengetahui hal apa saja yang biasanya ada di dalam Perpustakaan Desa, untuk mencari inovasi apa yang pas diberikan. Berikut selengkapnya.

Hal-hal yang Biasanya Ada di Perpustakaan Desa

Ada berbagai macam hal yang biasanya kita temukan di Perpustakaan Desa ini. Pertama, buku-buku. Buku-buku tentu menjadi hal wajib untuk mengisi Perpustakaan Desa. Masyarakat bisa memperoleh buku-buku ini dari sumbangan warga atau pun dengan melakukan pembelian. Tidak sedikit toko yang menawarkan harga ekonomis untuk pembelian yang berkaitan dengan Perpustakaan Desa.

Kedua, bangku dan kursi. Tak hanya buku-buku, meja serta kursi menjadi hal sangat penting. Tentu saja fungsinya agar anak-anak yang ingin sekedar membaca buku, atau bahkan melakukan diskusi, bisa melakukan kegiatan mereka dengan nyaman. Untuk awal pembangunan, masyarakat bisa menyiapkan 5 meja terlebih dahulu, dengan beberapa kursi di setiap mejanya.

Ketiga, alat-bersih-bersih. Agar kebersihan Perpustakaan Desa selalu terjaga, jangan lupa menyiapkan alat untuk bersih-bersih seperti kemoceng, sapu dan pel. Perpustakaan Desa bisa dibersihkan satu 2 minggu sekali atau seminggu sekali setiap kerjabakti warga dilakukan. Dengan cara ini, masyarakat bisa tetap nyaman membaca di Perpustakaan Desa.

Inovasi Perpustakaan Desa yang Dapat Dilakukan

Jika hal-hal di atas sudah dilakukan, tentu saja sebuah desa harus melakukan inovasi tertentu, sehingga Perpustakaan Desa mereka bisa ramai dikunjungi oleh pengunjung. Pertama, membeli buku bacaan yang menarik minat. Buku bacaan yang berada di Perpustakaan Desa tidak melulu mengenai pengetahuan.

Contohnya, pengetahuan anak-anak. Masyarakat bisa mengisi buku di Perpustakaan Desa dengan hal-hal yang menarik seperti cerita anak yang memberikan pembelajaran positif, buku cerita mengenai hewan, hingga pengetahuan mengenai alam sekitar namun dikemas menjadi hal yang menarik. Bagaimana dengan buku bacaan untuk orang dewasa?

Untuk buku bacaan orang dewasa, Perpustakaan Desa bisa membeli buku novel tertentu, atau pun pengetahuan mengenai merawat anak yang tepat, bahkan buku-buku yang berkaitan dengan kesehatan. Dengan buku bacaan yang mengasyikkan, tentu pengunjung Perpustakaan Desa akan menjadi semakin ramai nantinya.

Tak cukup sampai di sana, Perpustakaan Desa bisa dilengkapi dengan sebuah komputer untuk peminjaman buku dengan lebih mudah, sehingga untuk pengecekan buku tidak perlu dilakukan dengan cara yang manual, bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Saat mengecek sebuah buku yang akan dipinjam pun juga bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Melakukan berbagai macam inovasi untuk membuat Perpustakaan Desa menjadi semakin ramai dan bermanfaat memang tidak mudah. Dibutuhkan ketekunan dan kerjasama dari seluruh warga masyarakat untuk meramaikan Perpustakaan Desa ini. Lakukan berbagai kegiatan yang bersifat positif di sekitar Perpustakaan Desa. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.

Belum ada Komentar untuk "Deretan Inovasi Perpustakaan Desa yang Bisa Anda Ikuti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel