Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Perpustakaan Desa Mengwi, Badung, Bali : Ramah Lingkungan

Bali secara umum dikenal sebagai tujuan wisata paling utama di Indonesia para masyarakat domestic dan mancanegara. Hal ini dikarenakan Bali menyimpan aneka budaya yang unik dan menarik. Keunikan pulau ini tidak dimiliki oleh tempat lain di Indonesia. Bali juga merupakan kawasan padat penduduk dan masyarakatnya sangat beragam dengan berbagai potensi.

Adat budaya yang kental dijaga oleh masyarakat Bali. Ketika Anda berkunjung ke Bali, maka disana Anda akan menemui orang-orang yang mahir memainkan tarian tradisional. Keterampilan menari bukan hanya diturunkan dari generasi sebelumnya, tetapi juga dipelajari dalam pendidikan formal maupun non-formal. Meskipun memegang teguh adat kebudayaan tetapi masyarakat Bali sangat terbuka terhadap informasi.

Perpustakaan Desa Mengwi, Badung, Bali : Ramah Lingkungan

Terbukti semakin meningkatnya kunjungan wisatawan dari waktu ke waktu. Keterbukaan dan keramahtamahan menjadi magnet bagi wisatawan memilih Bali sebagai destinasi wisata. Masyarakat Bali juga sangat mementingkan pendidikan. Selain sarana pendidikan formal, terdapat perpustakaan desa sebagai tempat yang dituju untuk mendapatkan berbagai informasi ilmu pengetahuan. Selain itu, perpustakaan desa memberikan kontribusi yang besar.

Pada dasarnya perpustakaan adalah pusat informasi yang bisa dengan mudah diakses masyarakat. Tidak ada batasan untuk memanfaatkan perpustakaan, apalagi perpustakaan desa yang mencakup skala kecil. Sebagai bagian dari sarana pedesaan yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi masyarakat. Perpustakaan desa tidak berdiri sendiri, tetapi ada pengawasan khusus dari pemerintah pusat.

Perpustakaan Desa di Mengwi Juara Harapan I Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional

Perpustakaan desa yang ada di Mengwi, Badung Bali merupakan salah satu perpustakaan berprestasi. Mendapat peringkat 6 besar sebagai perpustakaan terbaik di Indonesia. Prestasi ini bukan hanya dari segi infrastruktur dan sarana prasarana tetapi juga peran masyarakat sebagai pengunjung. Tidak mudah mengedukasi masyarakat akan pentingnya membaca. Perpustakaan desa menjadi solusi terbaik.

Adanya fasilitas tempat membaca yang nyaman seperti di Mengwi menumbuhkan minat masyarakat paling tidak untuk mengunjungi perpustakaan. Kemudian muncul keinginan untuk membaca buku-buku ringan. Tujuan utama dihadirkannya perpustakaan desa adalah menumbuhkan dan meningkatkan minat baca masyarakat desa setempat. Hingga pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan pengetahuan dan kreatifitas masyarakat desa.

Perpustakaan Mengwi pada awalnya memiliki jumlah pengunjung yang terbatas, karena umumnya yang menjadi pengunjungnya hanyalah dari kalangan pendidikan. Kemudian mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bukan hanya kalangan pelajar saja tetapi masyarakat umum juga mulai memanfaatkannya. Perpustakaan sebagai sarana hiburan yang memberikan manfaat positif. Membaca memberikan hiburan disela rutinitas masyarakat yang padat.

Keberadaan Perpustakaan Desa Mengwi telah mampu meningkatkat minat dan budaya masyarakat, menurut Tim Penilai Perpustakaan Tingkat Nasional, pada awal mulanya berdiri, kunjungan masyarakat kurang dari 25%, dan saat ini sudah lebih dari 50%, prestasi yang cukup luar biasa untuk sebuah perpustakaan desa.

Berbagai keberhasilan yang telah diraih oleh perpustakaan desa Mengwi, Kab. Badung Provinsi bali ini tidak lepas dari kerja keras dan kerjasama banyak pihak, khusunya bagi pegiat pustaka dan perangkat desa. Berbagai dukungan telah dicurahkan oleh perangkat desa, baik dari segi dana maupun pemikiran dan ide.

Untuk dapat dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, perpustakaan desa Mengwi selalu aktif menjalin kerjasama dengan Lembaga-lembaga Pendidikan yang ada di desa mulai dari tingkat PAUD hingga SMA. Selain dengan PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK yang ada di lingkungan desa, Perpustakaan dea Mengwi juga intens bekerja sama dengan Pihak Perpustakaan dan Arsip Daerah Kab. Badung guna terus mengembangkan dan mehidupkan perpustakaan desa.

Perpustakaan sebagai Pusat Informasi Ramah Lingkungan

Menyediakan berbagai informasi dan pengetahuan bahkan hiburan dalam bentuk buku yang mudah diakses. Perpustakaan desa Mengwi memberikan kontribusi penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat sekitar. Bangunan perpustakaan yang memadai dan nyaman suntuk pengunjung menjadi salah satu faktor penilaian. Pengunjung yang membawa lansia maupun balita bisa tetap leluasa membaca.

Masyarakat sekitar tidak banyak yang gemar membaca apalagi menggunakan fasilitas umum. Padahal membaca mampu mengurangi stress dan tekanan, memberikan pengetahuan yang kuas mengenai segala bidang. Tetapi dengan pendekatan persuasive yang didukung dengan semakin sempurnanya infrastruktur dan koleksi buku menjadi daya tarik. Masyarakat umum mulai mengenal perpustakaan desa sebagai gudang buku.

Bermacam-macam buku dengan berbagai genre disediakan untuk menarik minat baca. Karena tidak semua yang datang ke perpustakaan bertujuan mencari literature. Lebih untuk kebutuhan hiburan gratis sekaligus bermanfaat menambah pengetahuan dan wawasan. Terbuka bagi siapapun dengan rentang usia bebas yang ingin membaca.

Misalnya saja seperti anak usia pra sekolah, pelajar, pekerja, masyarakat umum bebas menggunakan perpustakaan desa. Jadi tidak ada batasan untuk menggunakan fasilitas yang disediakan di perpustakaan desa Mengwi, Badung, Bali. Jadi keberadaan perpustakaan desa ini sangat membantu masyarakat Mengwi, Bali.

Belum ada Komentar untuk "Perpustakaan Desa Mengwi, Badung, Bali : Ramah Lingkungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel