Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Mengintip Perpustakaan Desa Terbaik Nasional Perpustakaan Desa Balecatur Sleman “Sumber Ilmu” di Yogyakarta

Daerah istimewa Yogyakarta terkenal sebagai kota pelajar. Merepresentasikan banyaknya pelajar yang mengenyam pendidikan di kota ini, bahkan universitas negeri dan swasta bergengsi ada di sini. Selain itu, Yogyakarta seringkali menjadi tujuan belajar mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Bukan hanya luar kota dan provinsi, bahkan mahasiswa dari luar pulau banyak berdatangan untuk belajar di sini.

Yogyakarta merupakan kota yang padat penduduk. Kebutuhan pendidikan menjadi hal yang sangat vital, karena banyaknya generasi muda usia sekolah. Pemenuhan kebutuhan pendidikan bukan hanya menjadi kewajiban pihak sekolah dan universitas saja. Tetapi juga pemerintah daerah setempat. Perpustakaan daerah menjadi salah satu langkah nyata kepedulian pemerintah terhadap mutu pendidikan masyarakat sekitar.

Mengintip Perpustakaan Desa Terbaik Nasional Perpustakaan Desa Balecatur Sleman “Sumber Ilmu” di Yogyakarta

Seakan ingin menegaskan predikat sebagai kota pelajar yang sarat fasilitas pendidikan, perpustakaan desa semakin banyak dikembangkan. Salah satu yang populer adalah perpustakaan desa Balecatur Sleman. Masyarakat Sleman, DIY dan sekitarnya sudah sangat familiar dengan keberadaan perpustakaan desa ini. Sangat membantu memfasilitasi masyarakat yang kesulitan mengakses informasi langsung dari sumber literasi.

Perpustakaan Desa Balecatur Juara 1 Tingkat Nasional

Mendapat predikat sebagai perpustakaan terbaik se-Indonesia perpustakaan Balecatur menjadi kebangaan masyarakat Sleman dan DIY. Perpustakaan yang menjadi sumber ilmu ini sudah masuk pada cluster A, yang artinya kualitas perpustakaan ini sudah tidak diragukan lagi. Salah satu parameter penilaian kualitas perpustakaan adalah dari segi pertumbuhan pengunjung. Semakin meningkat jumlah pengunjungnya, maka akan semakin baik kualitasnya.

Penilaian melalui beberapa tahap dengan peserta seluruh perpustakaan tingkat desa yang ada di Indonesia. Perpustakaan desa yang menjadi peserta sudah melalui tahap seleksi di tingkat kabupaten masing-masing. Kemudian bersaing di tingkat nsaional untuk menjadi yang terbaik sesuai dengan cluster masing-masing, terdapat 3 kategori cluster yaitu A, B, dan C.

Sehingga hal ini bisa digunakan untuk menentukan apakah perpustakaan tersebut kualitasnya bagus atau tidak berdasarkan kategori clusternya. Namun yang pasti setiap prestasi yang diperoleh ini tak lepas dari peran pengelola perpustakaan. Dimana mereka telah menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai, sehingga mampu meningkatkan minat baca masyarakat menjadi PR tersendiri.
Maka dari itulah, setiap anggota pengelola perpustakaan dituntut untuk bisa mengikuti tren masyarakat dalam memberikan layanan. Sehingga masyarakat sebagai pengunjung tidak merasa bosan dan lebih betah berlama-lama membaca buku di perpustakaan. Karena apa yang mereka cari sudah ada didalam perpustakaan semua.

Fasilitas Perpustakaan Desa Balecatur Sleman

Perpustakaan desa Balecatur Sleman ini layak mendapatkan predikat sebagai perpustakaan terbaik tingkat nasional karena memiliki layanan yang sangat inovatif. Memberi kemudahan kepada masyarakat sekitar melalui fasilitas perpustakaan keliling. Menjangkau lebih banyak peminat baca buku. Sehingga untuk mereka yang tinggal jauh dari lokasi perpustakaan tetap bisa memperoleh buku bacaan yang berkualitas.

Layanan pojok baca menjadi unggulan, disini setiap pengunjung bisa menikmati buku bacaan yang dibutuhkan. Dengan suasana perpustakaan kondusif yang mendukung fokus pengunjung selama membaca buku. Di pojok baca ini pengunjung bisa bersosialisasi dengan pengunjung lain, serta bertukar pikiran antar sesama penggemar baca buku. Fasilitas yang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Selain perpustakaan keliling dan pojok baca, perpustakaan desa Balecatur Sleman juga memberikan layanan home theatre dan audio visual. Sangat menarik untuk mereka yang kurang minat baca. Di layanan ini, masyarakat bisa menonton bersama film-film positif yang menarik. Biasanya audio visual lebih menarik perhatian orang dan mudah diikuti daripada kegiatan membaca.

Empat layanan yang menjadi unggulan perpustakaan desa Balecatur Sleman ini menjadikannya istimewa. Fasilitas unik dan inovatif yang tidak dimiliki perpustakaan desa lain. Tak heran jika setiap bulannya selalu ada peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan desa ini. Dengan adanya perpustakaan ini, maka tujuan untuk meningkatkan kecerdasan dan taraf kesejahteraan masyarakat sekitar Sleman dan DIY dapat tercapai.

Belum ada Komentar untuk "Mengintip Perpustakaan Desa Terbaik Nasional Perpustakaan Desa Balecatur Sleman “Sumber Ilmu” di Yogyakarta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel