Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Penyebab Perpustakaan Desa Tidak Menarik Bagi Masyarakat Sekitar

Menarik minat masyarakat untuk datang dan membaca di perpustakaan desa tentu tidaklah mudah. Sejak jaman dahulu perpustakaan dianggap sebagai tempat yang mistis dan akan kalah dengan pasar, mall dan tempat-tempat lain. Maka tidak heran, jika Anda akan menemukan banyak sekali perpustakaan yang sepi, tidak hanya perpustakaan milik desa saja pastinya.

Perkembangan teknologi membuat banyak orang bisa mendapatkan informasi secara instan dengan menggunakan smartphone. Bahkan acara televisi saat ini pun 24 jam akan memberikan tayangan yang menarik. Hal ini membuat semakin menurunnya minat baca masyarakat dan tidak tertarik lagi melihat buku. Padahal buku adalah sumber ilmu yang memberikan banyak manfaat.

Penyebab Perpustakaan Desa Tidak Menarik Bagi Masyarakat Sekitar

Maka dari itu sebagai pengelola perpustakaan desa, pemerintah harus memahami betul penyebab perpustakaan tidak mampu menarik minat masyarakat. Sehingga diperlukan solusi untuk mengatasi masalah ini dan demi perkembangan perpustakaan yang ada di desa. Untuk memberikan gambaran beberapa contoh penyebab perpustakaan yang ada didesa tidak menarik, beserta cara yang bisa dilakukan.

Beberapa Contoh Penyebab Perpustakaan yang Ada di Desa Tidak Menarik  

1. Buku yang disediakan tidak banyak
Penyebab lain perpustakaan di desa tidak menarik, karena buku yang disediakan tidak banyak. Hal ini tentu menjadi kendala tersendiri, sebab jika harus membeli banyak buku harus mempertimbangkan dananya. Sedangkan jika buku yang ada hanya buku-buku bekas atau buku-buku yang tidak up to date tentu semakin tidak menarik. Maka dari itu, dibutuhkan solusi untuk bisa menyediakan buku bervariasi, baru dan juga masih layak untuk dibaca.

2. Ruangan yang kecil dan pengap
Minimnya dana terkadang membuat pemerintah desa memanfaatkan ruang seadanya untuk membuat perpustakaan desa. Apalagi jika ruangan yang disediakan kecil dan sirkulasi udara tidak lancar. Padahal ketika membaca membutuhkan ruang yang nyaman dan santai untuk memberikan kesan menyenangkan. Sehingga masyarakat tertarik untuk datang dan menjadi betah berlama-lama membaca.

3. Rendahnya minat baca
Salah satu penyebab perpustakaan desa tidak menarik karena dari masyarakatnya itu sendiri. Indonesia merupakan negara dengan tingkat minat bacanya cukup rendah dibanding negara-negara lain. Maka jangan heran, jika banyak perpustakaan yang sepi dan jarang dikunjungi. Kebanyakan masyarakat akan merasa malas jika harus membaca buku tebal yang tidak menarik dan menghasilkan.

Cara Menarik Perhatian Masyarakat Untuk Menyukai Perpustakaan Di Desa 

1. Ruangan yang terbuka 
Cara menarik masyarakat agar menyukai perpustakaan desa, sehingga mau datang yaitu dengan membuat ruangan yang terbuka. Ruangan perpustakaan yang terbuka membuat terlihat dari jauh, jika banyak orang yang sedang membaca. Secara tidak langsung pasti akan meningkatkan rasa penasaran dan menjadi ingin membaca bersama-sama.

2. Buku yang disediakan bervariasi
Cara yang kedua adalah dengan menyediakan buku lebih banyak dan lebih bervariasi. Disarankan untuk banyak menyediakan buku tentang kewirausahaan untuk orang-orang dewasa, buku komik atau novel untuk anak-anak remaja dan buku bacaan bergambar untuk anak-anak kecil. Dengan begitu masyarakat dari segala usia yang datang memiliki pilihan bacaan masing-masing.

3. Melakukan sosialisasi
Cara menarik perhatian masyarakat agar tertarik untuk mengunjungi perpustakaan di desa dengan cara melakukan sosialisasi. Banyak orang yang tidak mau datang ke perpustakaan di desa bisa jadi karena tidak mengetahui. Maka dari itu, dengan kegiatan sosialisasi mengenalkan bahwa desa sudah memiliki perpustakaan yang bisa dikunjungi pada saat jam operasional.

Menarik perhatian masyarakat untuk mau mengunjungi perpustakaan yang disediakan oleh desa memang tidaklah mudah. Rendahnya minat baca serta berbagai penyebab lain yang sudah dijelaskan di atas tentu menjadi kendala tersendiri. Hal inilah yang membuat banyak perpustakaan desa tidak bisa berkembang dan akhirnya menjadi percuma disediakan.

Dengan mengenali penyebab perpustakaan kurang diminati di atas tentu akan memberikan gambaran bagi pustakawan dan pemerhati literasi untuk terus melakukan langkah-langkah kreatif dan inovatif dalam mengembangkan perpustakaan desa. Dengan memahami bahwa keberadaan perpustakaan desa adalah demi meningkatkan budaya menbaca bagi masyarakat, maka rendahnya minat baca masyarakat saat ini adalah merupakan tantangan yang menarik.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Perpustakaan Desa Tidak Menarik Bagi Masyarakat Sekitar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel