Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Inilah Rincian Tugas dan Kriteria Seorang Pustakawan Perpustakaan Desa

Perpustakaan desa akan terorganisir dengan baik, jika dikelola oleh seorang petugas perpustakaan. Petugas tersebut disebut juga dengan pustakawan, seorang pustakawan harus mengerti seluk beluk perpustakaan itu sendiri. Sehingga dirinya mampu menghandle seluruh kegiatan dan juga koleksi yang terdapat di dalam perpustakaan tersebut.


Selain ditentukan oleh jumlah koleksi buku, faktor lain yang mempengaruhi ramai atau tidaknya sebuah perpustakaan desa yaitu kualitas pelayananya. Mulai dari pelayanan resepsionis hingga pelayanan kebersihan. Jika petugas tidak mampu melayani pengunjung dengan baik, maka pengunjung akan merasa kecewa dan enggan untuk kembali.

Oleh sebab itu, penting sebuah perpustakaan desa untuk menghadirkan seorang pustakawan ahli dan mampu melayani masyarakat. Bisa dikatakan bahwa seorang pustakawan merupakan empunya perpustakaan desa. Karena hanya dirinya lah yang mengetahui segala hal tentang perpustakaan tersebut mulai dari jumlah koleksi hingga peletakannya.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Pustakawan

Menjadi seorang pustakawan harus memiliki kemampuan khusus yang bisa didapatkan dari pendidikan, seminar ataupun pelatihan. Berikut ini tugas dan tanggung jawab seorang pustakawan:

Layanan referensi

Seorang pustakawan bertugas sebagai layanan referensi yang berarti dirinya memiliki kemampuan untuk menemukan koleksi perpustakaan berupa, buku, karya ilmiah, jurnal ataupun lainnya ketika dibutuhkan sewaktu-waktu. Sebagai contoh ketika ada pengunjung perpustakaan desa yang membutuhkan buku tentang pertanian, maka petugas tersebut akan menemukan buku yang dimaksud dengan cepat karena telah mengetahui referensi penempatannya.

Layanan perpustakaan

Layanan ini merupakan layanan peminjaman buku. Dimana seorang pustakawan bertugas untuk meminjamkan buku yang diminta oleh pengunjung. Dirinya juga harus mengetahui judul buku yang dimaksud oleh pengunjung ketika hanya diketahui temanya saja. Dan pustakawan tersebut akan membantu untuk menemukan buku tersebut.

Pengolahan

Seorang pustakawan memiliki tugas pengolahan yaitu mendata seluruh koleksi yang ada diperpustakaan tersebut. Buku-buku yang ada diperpustakaan desa wajib diberikan nomor sesuai dengan klasifikasinya. Dalam pengklasifikasiannya sendiri, seorang pustakawan harus mengetahui sistem yang dipakai. Sehingga ketika diminta untuk mengambilkan sebuah buku maka bisa dengan mudah dan cepat untuk menemukannya.

Kriteria Menjadi Pustakawan Ideal

Ada beberapa kriteria untuk menjadi pustakawan yang ideal yaitu sebagai berikut:

Professional

Pustakawan juga sering dikatakan sebagai layanan pencarian, karena memiliki fungsi untuk mencarikan koleksi buku ataupun karya ilmiah. Untuk menjadi seorang pustakawan yang ahli dalam pencarian kolek perpustakaan maka syarat professional merupakan hal mutlak sangat dibutuhkan. Tanpa profesionalisme tersebut maka seseorang tidak bisa bekerja secara maksimal untuk menjadi pustakawan.

Menguasai IT

Seorang pustakawan juga dituntut untuk menguasai bidang IT, karena pekerjaannya juga berkaitan erat dengan teknologi komputer. Pustakawan harus bisa menghadirkan seluruh koleksi perpustakaan dengan cara menyediakan catalog web pada internet yang terkoneksi langsung pada perpustakaan tersebut. Selain itu, pustakawan juga dituntut untuk bisa mengkategorikan berbagai artikel atau berita yang paling laris atau membuat link jurnal dan buku terbaru.

Melaksanakan Manajemen Informasi Perpustakaan

Terdapat tiga hal pokok pada manajemen perpustakaan yaitu perolehan informasi, penataan informasi serta pencarian kembali informasi. Seorang pustakawan harus menguasai ketiga hal pokok manajemen tersebut agar mampu melayani pengunjung perpustakaan secara maksimal. Jika dalam satu perpustakaan desa terdapat lebih dari satu pustakawan maka hendaknya mereka mampu bekerja sebagai tim yang solid.

Seorang pustakawan juga dituntut untuk selalu santun dan tegas ketika terjadi pelanggaran di perpustakaan. Misalnya tidak segan untuk menegur yang membuat kegaduhan ataupun meminta denda keterlambatan, atas pengembalian buku oleh pengunjung yang meminjam buku perpustakaan desa. Dengan begitu dirinya akan menjadi pustakawan yang professional.

Belum ada Komentar untuk "Inilah Rincian Tugas dan Kriteria Seorang Pustakawan Perpustakaan Desa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel