Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Pentingnya Perpustakaan Desa Untuk Kemajuan dan Perubahan Desa Yang Lebih Baik

Perpustakaan sering dikatakan sebagai sumber ilmu ataupun sumber informasi. Kini bagi masyarakat pedesaan tidak perlu bersusah payah datang ke kota hanya untuk mengunjungi perpustakaan. Pasalnya saat ini telah banyak didirikan perpustakaan desa diwilayah-wilayah pedesaan terpencil. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca sekligus menyediakan tempat untuk belajar bagi masyarakat.

Pentingnya Perpustakaan Desa Untuk Kemajuan dan Perubahan Desa Yang Lebih Baik

Oleh sebab itu, masyarakat sangat dianjurkan untuk bisa memafaatkan perpustakaan desa semaksimal mungkin. Sehingga mereka dapat meningkatkan pengetahuan sekaligus sumber daya mereka dari bahan bacaan yang ada diperpustakaan tersebut. Target perpustakaan desa bukan hanya pelajar ataupun anak-anak dan remaja saja.

Akan tetapi seluruh lapisan masyarakat tanpa pandang bulu dengan berbagai pendidikan, pekerjaan dan latar belakang bisa untuk mengunjungi perpustakaan desa secara cuma-cuma atau gratis. Pengujung tersebut bisa memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada didalam perpustakaan dengan catatan tetap menjaga etika serta kelestarian seluruh fasilitas.

Perpustakaan Desa Mampu Mengubah Desa Lebih Baik

Pada umumnya masyarakat hanya mengetahui bahwa perpustakaan desa hanya ditujukan untuk para pelajar dan mahasiswa saja. Akan tetapi pada faktanya, perpustakaan desa memiki sasaran yang lebih luas, yaitu mencakup seluruh masyarakat umum. Zaman globalisasi seperti saat ini, pendidikan sangat penting karena merupakan akar dari peradaban.

Seluruh masyarakat dituntut untuk mengetahui informasi nasional dan internasional secara update, sehingga mampu mengikuti perkembangan zaman. Adapun bagi mereka yang tidak bekerja ataupun sekolah, maka diperlukan sarana yang bisa menyampaikan segala informasi paling anyar. Oleh sebab itu, keberadaan perpustakaan desa sangat penting bagi orang-orang tersebut.

Perpustakaan Desa Mampu Mengubah Desa Lebih Baik

Mengingat lingkup pergauluan sangat terbatas. Sebagai contoh ibu rumah tangga dengan tingkat pendidikan SMP. Jika tidak membuka diri dan berusaha mencari informasi terkini, maka dirinya tidak akan mampu mengimbangi perkembagan zaman. Sehingga akan banyak hal yang akan dilewatkan. Sebagai solusinya, mereka bisa mengunjungi perpustakaan desa guna mengupade pengetahuan.

Banyak sekali sumber bacaan yang bisa memberikan informasi. Selain itu, fasilitas lain seperti pemutaran video juga bisa menjadi referensi yang sangat berharga. Dengan demikian perpustakaan desa dianggap sebagai pilar kemajuan dan perubahan positif sebuah desa. Sehingga kualitas masyarakatnya bisa meningkat dan mampu mengimbangi inovasi-inovasi terbaru.

Tujuan Didirikannya Perpustakaan Desa

Tujuan umum dari perpustakaan desa adalah untuk memajukan dan mencerdaskan masyarakat, serta menciptakan sumber daya manusia yang terampil dan berbudi pekerti. Akan tetapi, perpusatakaan desa juga memiliki tujuan khusus kepada warganya agar mereka mampu:

  • Mendidik dirinya untuk menjadi warga yang terbuka dan memiliki sifat toleransi tinggi yang berkesinambungan sehingga tercipta kerukunan dan kepedulian.
  • Memiliki respon cepat tanggap pada setiap kemajuan dibindang ilmu, kehidupan sosial, politik dan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat.
  • Mampu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif yaitu dengan berfikir konstruktif guna menjadi masyarakat yang semakin baik.
  • Bisa berfikir secara kreatif serta membina keterampilan mereka untuk menghargai nilai seni dan budaya manusia.
  • Memiliki kemampuan untuk meningkatkan taraf kehidupan serta lapangan pekerjaan yang lebih luas dan berdaya saing.
  • Menjadi warga negara yang baik dengan berpedan aktif dalam pembangunan nasional serta membina rasa saling kasih dan peduli antar warga, negara dan bangsa.
  • Mampu memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan positif yang memiliki manfaat untuk kehidupan pribadi maupun sosial.

Tujuan Didirikannya Perpustakaan Desa

Apabila setiap hari Anda rajin membaca, maka pengetahuan Anda akan semakin luas dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga Anda mampu menjadi pribadi yang supel, mandiri serta memiliki kemampuan. Budaya membaca hendaknya ditanamkan sejak dini atau usia anak-anak, sehingga akan tercipta masyarakat yang berwawasan luas, terampil dan cerdas.

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Perpustakaan Desa Untuk Kemajuan dan Perubahan Desa Yang Lebih Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel