Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Ini Dia Fasilitas yang Harus Ada Dalam Perpustakaan Desa

Perpustakaan Desa, sepertinya tempat ini menjadi hal yang sangat penting sekarang. Lebih-lebih semakin digaungkannya literasi beberapa waktu belakangan ini. Apakah desa Anda saat ini juga akan membangun sebuah Perpustakaan Desa? Agar Perpustakaan Desa yang dibangun menjadi ramai pengunjung, sudah pasti di dalamnya harus ada berbagai macam fasilitas.

Ini Dia Fasilitas yang Harus Ada Dalam Perpustakaan Desa

Untuk daerah yang baru pertama kali membangun Perpustakaan Desa, mungkin akan sedikit bingung, sebenarnya apa saja fasilitas yang harus ada di sebuah Perpustakaan Desa ini? Agar tidak bingung dalam menentukan apa saja fasilitas yang harus diberikan, berikut beberapa fasilitas yang bisa Anda pertimbangkan.

Fasilitas di Perpustakaan Desa

Pertama, buku-buku bacaan. Buku bacaan tentu saja menjadi fasilitas yang sangat penting untuk Perpustakaan Desa, Anda bisa membeli banyak buku bacaan. Mulai dari buku bacaan untuk anak-anak yang berisi cerita anak atau ilmu pengetahuan, hingga buku bacaan orang dewasa seperti novel maupun hal-hal yang berhubungan dengan UMKM desa.

Kedua, tempat untuk membaca. Selain buku-buku, ada pula fasilitas seperti tempat membaca. Tempat ini bisa memotong separuh ruangan dalam Perpustakaan Desa. Memang, buku dalam Perpustakaan Desa bisa dipinjam dengan dibawa pulang, namun tidak sedikit anak-anak yang lebih memilih untuk membaca buku di dalam Perpustakaan.

Fasilitas di Perpustakaan Desa

Untuk tempat membaca ini, bisa menggunakan meja dan kursi tinggi. Tata meja tersebut. Hindari menata kursi terlalu banyak dalam satu meja karena jika terlalu banyak orang di sana, suasana menjadi ramai dan tidak fokus membaca. Jika jumlah orang yang membaca di Perpustakaan Desa ini banyak, Anda bisa menyiapkan karpet tebal. Karpet tebal ini bisa ditaruh di dalam dan diluar Perpustakaan Desa.

Ketiga, toilet umum. Fasilitas satu ini sangat penting dimiliki. Tempat untuk buang air kecil ini bisa diletakkan di depan samping Perpustakaan Desa atau pun di bagian belakang Perpustakaan Desa. Pastikan peletakan toilet umum ini tidak mengganggu aktivitas membaca dan belajar.

Terakhir, komputer dan sambungan WiFi. Komputer sangat dibutuhkan untuk mendukung keberlangsungan kegiatan di Perpustakaan Desa. Dengan adanya fasilitas ini, pencarian buku tidak perlu dilakukan secara manual. Tak hanya itu sambungan WiFi juga harus dimiliki agar masyarakat bisa mengakses internet dengan mudah dan menjadikannya sebagai sarana belajar yang baik.

Tips Agar Seluruh Fasilitas di Perpustakaan Desa Dapat Terpenuhi

Memang, untuk membuat berbagai macam fasilitas di Perpustakaan Desa tersebut bukan menjadi hal yang mudah. Lebih-lebih dan ayang dibutuhkan tidak sedikit. Sebenarnya, untuk masalah dana, masyarakat bisa menggunakan dana desa. Dana desa ini bisa digunakan beberapa persen untuk mencukupi fasilitas Perpustakaan Desa.

Contohnya, tahun ini dana desa digunakan untuk membeli buku-buku, kemudian tahun berikutnya dana desa digunakan untuk membeli meja kursi, tahun berikutnya lagi untuk membangun kamar mandi umum di sekitar Perpustakaan Desa, dan terakhir untuk pengadaan komputer dan sambungan internet tanpa kabel.

Tips Agar Seluruh Fasilitas di Perpustakaan Desa Dapat Terpenuhi

Namun, untuk mewujudkan hal ini dibutuhkan komitmen yang kuat dari masyarakat, selain itu masyarakat harus melakukan diskusi terlebih dahulu mengenai apa saja fasilitas yang akan dicukupi terlebih dahulu, setelah itu jika dana berikutnya sudah ada, apa lagi fasilitas yang akan dibeli.

Pemerintah memiliki harapan yang begitu besar pada Perpustakaan Desa. Selain itu, pemerintah juga sudah menggelontorkan dana untuk pembangunan Perpustakaan Desa ini. Sebagai warga, kita hanya perlu mengelola dana dengan baik, sehingga Perpustakaan Desa bisa memberikan dampak positif untuk kemajuan masyarakat pedesaan.

Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Fasilitas yang Harus Ada Dalam Perpustakaan Desa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel