Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Cara Pengadaan Buku Perpustakaan Desa Sebagai Sumber Informasi

Pengadaan buku perpustakaan desa adalah mencari atau membeli buku yang nantinya akan disediakan dalam perpustakaan sebagai bahan bacaan masyarakat desa. Perpustakaan desa harus memiliki koleksi minimal 1000 buku dengan berbagai jenis buku yang bervariasi. Sehingga masyarakat bisa membaca buku berbeda-beda dan tidak jenuh dengan buku yang ada.

Dalam melakukan pengadaan buku, pengelola tentu harus memperhatikan banyak hal penting. Seperti dana yang akan digunakan jika buku membeli baru, jenis buku yang harus ada dalam perpustakaan desa, jumlah untuk masing-masing buku dan masih banyak lagi. Maka tidak heran, jika pengadaan buku merupakan hal terumit dalam sebuah pembuatan perpustakaan desa.

Cara Pengadaan Buku Perpustakaan Desa Sebagai Sumber Informasi

Pengelola dituntut untuk menyediakan berbagai jenis buku yang bervariasi sesuai dengan keinginan masyarakat. Namun dalam proses pengadaan buku perpustakaan desa juga harus tertahan dengan dana yang ada. Maka dari itu, untuk memberikan gambaran sebagian kecil jenis buku yang harus ada di perpustakaan dan cara melakukan pengadaan, akan dijelaskan dibawah ini.

Jenis Buku yang Harus Ada Pada Perpustakaan Desa

1. Buku tentang pengetahuan
Dalam pengadaan buku perpustakaan desa harus memikirkan jenis buku apa saja yang harus ada. Salah satunya adalah buku tentang pengetahuan umum, karena buku ini sangat menunjang pembelajaran. Perpustakaan dapat menyediakan berbagai buku tentang pengetahuan untuk anak kecil sampai orang tua. Sehingga akan memberikan banyak manfaat positif meningkatkan pengetahuan bagi pembaca.

Jenis Buku yang Harus Ada Pada Perpustakaan Desa

2. Buku cerita untuk anak-anak 
Perpustakaan desa haruslah ramah untuk anak-anak dengan menyediakan buku cerita untuk anak-anak. Hal ini dikarenakan perpustakaan diharapkan bisa dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai generasi dan usia. Oleh sebab itu menyediakan buku cerita untuk anak-anak merupakan salah satu daya tarik. Dengan begitu anak-anak akan bersemangat mengunjungi perpustakaan desa setiap hari.

3. Beku Keterampilan, Teknik, Ilmu Terapan dan Ekonomi Kreatif
Adanya koleksi buku-buku tentang Keterampilan, Teknik, Ilmu Terapan dan Ekonomi Kreatif sangat penting dikoleksi oleh perpustakaan desa dikarenakan dengan adanya buku-buku tersebut mampu memberikan rangsangan daya kreatif masyarakat sehingga dengan kreatifitas yang terbangun dalam diri masyarakat desa mampu menggerakkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat

4. Buku Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan
Masyarakat desa pada umumnya adalah masyarakat petani atau berprofesi dengan ketergantungan kepada alam, dengan demikian maka sangat pelu dihadirkan buku-buku yang dapat memberikan wawasan lebih tentang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan terutama dalam hal teknologinya atau teknologi pengolahan hasil pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

Buku Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan

5. Buku hiburan seperti cerpen dan novel
Selain buku-buku diatas, pengadaan buku perpustakaan desa haruslah meliputi buku hiburan seperti cerpen dan novel. Sehingga masyarakat bisa membaca bacaan yang ringan dan menyenangkan. Jadi perpustakaan menyediakan berbagai banyak buku pilihan yang bisa dibaca oleh masyarakat. Buku yang dibaca bisa berbeda setiap harinya dan ini menjadi hiburan posiif untuk masyarakat.

Cara Melakukan Pengadaan Berbagai Jenis Buku Untuk Perpustakaan Desa

1. Membeli buku baru
Pengelola bisa melakukan pengadaan buku perpustakaan desa dengan cara membeli buku baru. Namun dalam membeli buku baru harus memperhatikan dana yang ada agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Pembelian buku bisa dilakukan di agen langsung, supaya bisa mendapatkan harga termurah dan buku yang dibeli bisa berjumlah banyak.

2. Melakukan penggandaan
Pengadaan buku bisa dilakukan dengan cara melakukan penggandaan, jika buku yang dimiliki sudah langka dan tidak diproduksi lagi. Pengelola bisa melakukan pengadaan demi menyelamatkan ketersediaan buku di perpustakaan desa tersebut. Namun tidak semua buku boleh digandakan dan harus sesuai dengan prosedur agar tidak melanggar undang-undang.

3. Mencari donatur buku bekas
Cara lain pengadaan buku adalah dengan mencari donatur buku bekas yang masih layak dibaca. Pemerintah desa bisa meminta warga untuk menyumbangkan buku bekas lalu dikumpulkan untuk dipilih dan dipilah. Bisa juga mencari donatur dari luar desa agar bisa mendapatkan buku yang banyak, apalagi jika berhasil mendapatkan donatur buku baru.

Cara Melakukan Pengadaan Berbagai Jenis Buku Untuk Perpustakaan Desa

Sebuah perpustakaan haruslah memiliki koleksi buku untuk dibaca para pengunjung termasuk perpustakaan desa. Jumlah minimal buku yang harus dimiliki oleh perpustakaan desa adalah 1000 buku. Jika membeli buku baru tentu akan memberatkan pengeluaran dananya. Maka dari itu, pengadaan buku perpustakaan desa bisa dilakukan dengan beberapa cara di atas.

Belum ada Komentar untuk "Cara Pengadaan Buku Perpustakaan Desa Sebagai Sumber Informasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel