Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Apa Saja Buku yang Layak Ada Dalam Perpustakaan Desa ?

Buku adalah benda yang tak dapat dijauhkan dari kegiatan belajar sehari-hari. Buku menjadi sebuah kebutuhan wajib, utamanya peran buku bisa digunakan untuk bahan ajar dan sumber belajar. Peranan bahan ajar dan sumber belajar ini bisa kita temukan di tiap proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan karena penggunaan buku yang murah serta mudah.

Masyarakat sepertinya sudah mulai memahami dan menyadari pentingnya buku ini. Sehingga, Perpustakaan Desa pun menjadi semakin berkembang. Apakah di desa Anda sekarang ini juga akan membangun Perpustakaan Desa? Biasanya, ketika membangun Perpustakaan Desa hal yang harus diperhatikan adalah desain bangunan hingga buku-buku yang nantinya ada di dalamnya.

Apa Saja Buku yang Layak Ada Dalam Perpustakaan Desa

Buku-buku ini memiliki harga yang tidak murah, sehingga pembeliannya harus dilakukan dengan baik. Selain itu, anggaran yang ada harus dapat mencakup seluruh kebutuhan masyarakat. Sebenarnya, apa saja buku-buku yang layak ada di dalam Perpustakaan Desa? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Buku Bacaan Anak-anak

Pengunjung Perpustakaan Desa bisa dikatakan sebagian besar adalah anak-anak. Oleh sebab itu, buku bacaan anak-anak harus memiliki jumlah yang cukup banyak. Buku bacaan ini biasanya berisi mengenai materi serta referensi yang bersifat informatif. Buku bacaan pada dasarnya dibagi menjadi beberapa kategori.

Pertama, buku bacaan fiksi. Untuk buku bacaan fiksi, buku ini biasanya ditulis berdasarkan pada khayalan si pengarang dengan bentuk cerita. Pembuatan buku bacaan fiksi ini dimaksudkan untuk memberikan hiburan, ketentraman serta ketenangan. Biasanya, anak-anak sangat menyukai buku bacaan fiksi ini. Usahakan memiliki buku bacaan fiksi yang sarat akan nilai moral.

Buku Bacaan Anak-anak

Kedua, buku bacaan berjenis non fiksi. Buku bacaan ini berisi mengenai ilmu pengetahuan. Buku bacaan ini harus ada di dalam Perpustakaan Desa agar semakin menambah pengetahuan pembaca khususnya anak-anak. Untuk buku bacaan non fiksi ini, usahakan memiliki isi tidak membosankan dan lebih menyenangkan.

Ketiga, buku bacaan fiksi ilmiah. Buku bacaan yang satu ini sengaja di tulis beradasarkan khayalan dengan bentuk cerita. Namun jangan salah, meskipun memiliki isi bentuk cerita, buku cerita ini juga sarat dengan ilmu pengetahuan yang sangat relevan sehingga dapat mempengaruhi pengembangan daya berpikir pembaca.

Buku Bacaan Remaja dan Orang Dewasa

Perpustakaan Desa memang bukan hanya menyediakan buku bacaan untuk anak-anak, namun juga menyediakan buku bacaan untuk remaja dan orang dewasa. Lantas apa saja buku bacaan yang cocok ada di sini ?

Pertama, Buku fiksi dan sastra seperti novel, cerpen, puisi atau sejenisnya. Untuk fiksi dan karya sastra, Perpustakaan Desa bisa membeli buku fiksi dan karya sastra karangan penulis-penulis jaman dahulu hingga sekarang. Tema fiksi dan karya sastra bisa beragam tinggal disesuaikan dengan ketersediaan.

Kedua, buku resep. Tidak ada salahnya mewarnai Perpustakaan Desa dengan berbagai macam buku resep, bisa resep minuman, resep kue hingga resep masakan. Usahakan membeli buku resep yang berisi makanan-makanan mudah dipraktekkan, sehingga banyak ibu-ibu yang tertarik untuk meminjam buku tersebut.

Buku Bacaan Remaja dan Orang Dewasa

Ketiga, buku yang berkaitan dengan bertani serta beternak. Jika di desa Anda sekarang ini banyak orang yang menggantungkan hidupnya dengan bertani dan berternak, Perpustakaan Desa dapat mengisi koleksi buku dengan tata cara beternak dan bertani secara modern, maupun buku-buku yang berhubungan dengan pembibitan tanaman.

Keempat, buku-buku mengenai UKM. Tak sedikit buku yang berkaitan dengan UKM. Usahakan membeli buku yang membahas UKM secara rinci dan lengkap, sehingga masyarakat yang ingin mencari ilmu berhubungan dengan UKM bisa mendapatkan ilmu secara mendalam. Buku-buku mengenai bisnis juga bisa dibeli.

Sebenarnya tidak hanya jenis buku-buku tersebut saja yang layak dikoleksi oleh perpustakaan desa, masih banyak jenis buku lain yang perlu ada dalam rak buku perpustakaan desa semisal buku-buku terkait dengan pengelolaan desa serta pemberdayaan desa yang berfungsi sebagai bahan bacaan bagi perangkat desa untuk mengelola desa secara baik dan benar.

Artinya, semua jenis buku apapun layak untuk dikoleksi selama buku-buku tersebut tidak mengarah kepada hal-hal negatif yang tidak layak dibaca karena dapat merusak moral maupun keberagaman masyarakat desa. Semakin banyak jenis buku yang dikoleksi oleh perpustakaan desa, maka akan semakin membuat perpustakaan desa tersebut ramai dikunjungi oleh masyarakat karena kebutuhan setiap masyarakat akan ketersediaan buku yang digemari berada di perpustakaan.

buku-buku mengenai UKM

Jika terdapat buku untuk anak dan orang dewasa, jangan lupa untuk memberikan batas atau tulisan khusus. Sehingga, anak-anak tidak akan mengambil buku-buku yang diperuntukkan khusus untuk orang dewasa. Selain itu, buat anggaran menjadi terbagi-bagi dalam satu bulannya, sehingga selalu ada koleksi buku baru yang dimiliki Perpustakaan Desa.

Belum ada Komentar untuk "Apa Saja Buku yang Layak Ada Dalam Perpustakaan Desa ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel