Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Program Buku Bergilir, Cara Cerdas Perpustakaan Nagari Laweh Menggugah Budaya Literasi Masyarakat

Program Buku Bergilir, Cara Cerdas Perpustakaan Nagari Laweh Menggugah Budaya Literasi Masyarakat
Sekda Kabupaten Solok, Aswirman mendampingi tim penilai meninjau perpustakaan Saok Laweh
Sumber Gambar : sumbar.antaranews.com
Banyak cara yang dilakukan oleh penggerak literasi untuk memajukan serta memakmurkan perpustakaan desa, salah satau cara kreatif dan ampuh adalah seperti yang telah dilakukan oleh perpustakaan Nagari Saok Laweh Kecamatan Kubung Kabupaten Solok yaitu dengan melakukan Program Buku Bergilir Perpustakaan. Melalui program tersebut, buku-buku langsung diantarkan ke rumah-rumah penduduk, dalam waktu kisaran 2 minggu, buku-buku diambil kembali untuk digilir ke rumah lainnya.

Lebih hebatnya lagi, Perpustakaan Nagari Saok laweh mampu memetakan bahan bacaan sesuai dengan minat dan kebutuhan masyarakat. Bagi penduduk yang kesehariannya bertani misalnya, maka disediakan dan dikirimkan buku-buku terkait tema teknologi pertanian atau peluang pasar untuk produk-produk pertanian. Selain itu juga masyarakatpun dipersilakan untuk meminta buku-buku sesuai dengan minat baca masyarakat atau bacaan-bacaan lain yang digemari.

Program Buku Bergilir itu mengubah stigma perpustakaan yang selama ini pasif, hanya menunggu masyarakat untuk datang dan membaca buku menjadi lebih aktif dengan langsung mendatangi rumah masyarakat. Cara itu diyakini tidak hanya akan meningkatkan budaya literasi masyarakat, tetapi secara nyata meningkatkan sumber daya manusia sesuai profesi yang ditekuni. Muara yang diharapkan, nantinya kegiatan membaca akan menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat.

Dengan adanya program luar biasa tersebut,  Perpustakaan Nagari Saok Laweh diganjar dengan prestasi sebagi Perpustakaan Desa Terbaik yang mewakili Provinsi Sumatera barat untuk berlaga bersaing sebagai perpustakaan desa terbaik tingkat nasional.

Belum ada Komentar untuk "Program Buku Bergilir, Cara Cerdas Perpustakaan Nagari Laweh Menggugah Budaya Literasi Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel