Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Desain Perpustakaan Desa Modern yang Dapat Anda Ikuti

Mungkin beberapa tahun belakangan ini, Anda sering mendengar mengenai gerakan Indonesia membaca. Gerakan ini diharapkan semakin meningkatkan kemampuan membaca, berhitung dan menulis masyarakat. Selain itu, program gerakan Indonesia membaca ini diharapkan dapat membuat masyarakat menjadi semakin produktif dan kreatif lagi.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut ialah membangun perpustakaan desa. Perpustakaan desa bahkan menjadi pilihan bagi sebuah desa untuk semakin memanfaatkan dana desa yang diperoleh, sehingga masyarakat desa memiliki wadah yang digunakan untuk semakin mendukung program pemerintah.

Desain Perpustakaan Desa Modern yang Dapat Anda Ikuti

Apakah desa yang Anda tinggali sekarang ini mulai ingin membangun sebuah perpustakaan desa? Ketika ingin membangun perpustakaan desa, salah satu kendala yang dimiliki ialah gedung. Pembangunan gedung untuk perpustakaan desa tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Desain gedung yang modern dan nyaman membuat masyarakat menjadi semakin betah berlama-lama di sana.

Inspirasi Desain Perpustakaan Desa Modern

Sebenarnya, perpustakaan desa tidak perlu dibangun di lahan yang begitu luas. Pembangunan perpustakaan desa bisa dilakukan pada lahan yang secukupnya, contohnya ukuran 10 X 10 meter. Desain atap yang dimiliki bisa miring serta mengarah ke arah belakang. Bila ingin memberikan kursi dan meja, kursi dan meja tersebut bisa ditaruh di pojok ruangan perpustakaan desa.

Inspirasi Desain Perpustakaan Desa Modern

Sebagai sebuah tempat membaca, sepertinya kurang lengkap jika tidak memberikan kaca-kaca tertentu. Anda bisa memberikan kaca-kaca yang berada di bagian samping, dengan maksud, pencahayaan bisa diperoleh secara maksimal. Namun untuk menghindari terlalu banyak cahaya masuk, jangan lupa menambahkan gordyn.

Kaca-kaca yang berada di sisi samping perpustakaan desa juga diharapkan dapat mengurangi penggunaan energi listrik ketika pagi serta siang hari. Sedangkan untuk bagian depan dapat diberi space lebar, sehingga warga desa yang ingin membaca buku namun tidak ingin masuk bisa memilih untuk membaca di luar.

Space di luar ini juga bisa digunakan untuk tempat diskusi para remaja atau sebagai tempat pertemuan. Jika perpustakaan desa dibuat lebih tinggi, jangan lupa menambahkan tangga di depan. Selain digunakan untuk tempat berjalan, tangga ini juga bisa digunakan, agar pengunjung bisa lebih leluasa untuk membaca buku.

Inspirasi Desain Perpustakaan Desa Simpel dan Modern

Jika ingin lebih simpel namun tidak mau meninggalkan kesan modern, perpustakaan desa bisa dibangun dengan lahan berbentuk persegi panjang. Area ini bisa dibagi menjadi 3, untuk kamar mandi, untuk area perpustakaan desa sendiri dan untuk bagian luar. Di bagian dalam perpustakaan desa, bisa dibuat tempat membaca dan rak-rak seperti biasa.

Sedangkan untuk bagian samping, bisa dibangun kamar mandi. Usahakan membuat 2 kamar mandi, untuk perempuan dan laki-laki. Bila anggaran yang dimiliki cukup besar, perpustakaan desa bisa menggunakan desain dinding kaca. Namun jika ingin lebih simpel, dapat menggunakan dinding bata biasa. Di bagian luar, bisa ditanami dengan pohon seperti pohon mangga, sehingga area perpustakaan desa lebih sejuk.

Inspirasi Desain Perpustakaan Desa Simpel dan Modern

Untuk bagian atap, atap bisa dibuat dengan bentuk mendatar, atau pun bentuk seperti atap rumah pada umumnya. Jika area yang digunakan untuk perpustakaan desa tidak terlalu luas, tidak ada salahnya membuat perpustakaan desa dengan dua lantai, untuk area membaca anak-anak buat di lantai bawah, dan dewasa di lantai atas.

Sebenarnya, hal yang paling penting dari pembuatan desain perpustakaan desa adalah masalah kenyamanan, entah seperti apapun desain yang dimiliki. Namun jika bisa memberikan rasa nyaman untuk pengunjung yang membaca di perpustakaan tersebut, tentunya akan semakin baik. Semoga informasi mengenai desain perpustakaan desa bermanfaat bagi Anda.

Belum ada Komentar untuk "Desain Perpustakaan Desa Modern yang Dapat Anda Ikuti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel