Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Cara Mudah Belajar Metode Optimasi Metaheuristik Menggunakan MatLab

Cara Mudah Belajar Metode Optimasi Metaheuristik Menggunakan MatLab
Cara Mudah Belajar Metode Optimasi Metaheuristik Menggunakan MatLab
Optimisasi merupakan suatu upaya sistematis untuk memilih elemen terbaik dari suatu kumpulan elemen yang ada. Di dalam kontek matematika, optimisasi ini bisa diyatakan sebagai suatu usaha sistematis untuk mencari nilai minimum atau maksimum dari suatu fungsi. 

Metaheuristik merupakan metode optimisasi dengan pendekatan (approaches methods) yang telah diaplikasikan dalam berbagai bidang seperti: sains, teknik, ekonomi dan bisnis. Metode metaheuristik merupakan salah satu mata kuliah penting di jurusan ilmu komputer, teknologi informasi, matematika dan sains maupun teknik pada umumnya. Metode ini banyak diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan yang kompleks, yang sulit dipecahkan dengan metode eksaks (exact methods). Metode metaheuristik menawarkan waktu komputasi yang relatif cepat dibandingkan dengan metode eksak, untuk permasalahan dengan dimensi yang besar maupun kompleksitas yang tinggi, dengan hasil yang mendekati nilai optimal. 

Untuk memudahkan para mahasiswa dan pengajar/dosen dalam memahami metode metaheuristik, buku ini disusun secara sistematis, dengan disertai contoh soal dan kode programnya dalam Matlab. Secara umum buku ini terdiri dari dua bagian. Bagian pertama berisi konsep dasar optimisasi (Bab I) dan pengenalan metode metaheuristik (Bab II). Bagian kedua berisi metode-metode metaheuristics yang cukup popular baik dikalangan praktisi maupun akademisi (Bab III — Bab IX). Metode metaheuristik yang dijelaskan dalam buku ini mewakili 'single-based metaheuristik' dan 'population-based metaheuristics', baik untuk 'evolutionary algorithm' maupun 'swarm intelligence algorithme). Buku ini dapat dipakai sebagai buku teks maupun buku ajar pada mata kuliah kecerdasan buatan maupun optimisasi di perguruan tinggi, serta sebagai buku acuan bagi mereka yang bergelut dengan bidang optimisasi.

Spesifikasi Buku:

JUDUL BUKU: Cara Mudah Belajar Metode Optimasi Metaheuristik Menggunakan MatLab
PENULIS: Hindriyanto Dwi Purnomo Ph.D
PENERBIT: Gava Media
ISBN: 978-602-7869-48-6
TAHUN: 2014
UKURAN: 16 x 23 cm
HALAMAN: x + 248

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Belajar Metode Optimasi Metaheuristik Menggunakan MatLab "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel