Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Ketahui Fungsi Perpustakaan Desa Untuk Kembangkan Pengetahuan Hingga Tingkatkan Prestasi

Perpustakaan desa atau disingkan dengan Perpusdes kini menjadi konsentrasi pemerintah daerah, dalam upaya mengembangkan kemajuan daerah. Pembangunannya sendiri yaitu dengan menitikberatkan pada kebutuhan masyarakat, akan informasi yang up to date dan juga dalam rangka untuk menumbuhkan minat baca.

Perpustakaan desa tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk membaca ataupun meminjam buku saja. Akan tetapi, juga bisa digunakan sebagai sarana wisata edukasi oleh seluruh lapisan masyarakat. Siapapun boleh mengunjungi perpustakaan desa, tidak hanya golongan pelajar saja akan tetapi seluruh masyarakat umum dengan segala profesi.

Ketahui Fungsi Perpustakaan Desa Untuk Kembangkan Pengetahuan Hingga Tingkatkan Prestasi

Didalam sebuah perpustakaan itu sendiri, terdapat orang-orang yang berkaitan erat dengan dunia kepustakawaan seperti pustakawan, kepustakaan dan juga ilmu perpustakaan. Pustakawan merupakan orang yang bekerja diperpustakaan dengan latar pendidikan perpustakaan. Sedangkan ilmu perpustakaan adalah ilmu yang berhubungan dengan perpustakaan itu sendiri.

Fungsi Perpustakaan Desa Secara Umum

Perpustakaan memiliki fungsi yang selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Akan tetapi secara umum perpustakaan desa memiliki fungsi sebagai berikut:

Fungsi Penyimpanan
Perpustakaan memiliki tugas untuk menyimpan seluruh koleksi yang ada didalamnya, sehingga fungsinya sendiri yaitu sebagai tempat penyimpanan. Hal tersebut telah tercantum pada Undang-Undang No. 4 Tahun 1990 mengenai Wajib Simpan Karya Cetak dan Rekam. Dengan begitu, perpustakaan desa bisa diunakan untuk menyimpan berbagai buku-buku ataupun dokumen penting lainnya.

Fungsi Edukatif
Perpustakaan desa memiliki fungsi edukatif atau pendidikan, yang berarti perpustakaan merupakan tempat yang digunakan untuk belajar secara mandiri. Sehingga pembelajaran tidak hanya terpancang pada satu tempat seperti sekolah ataupun instant pendidikan lainnya, akan tetapi juga bisa dilakukan diperpustakaan.

Fungsi Perpustakaan Desa Secara Umum

Fungsi Penelitian
Perpustakaan desa bisa dijadikan sebagai tempat untuk mencari sumber-sumber informasi terpercaya guna mendukung suatu penelitian. Sekaligus menjadi bahan rujukan ketikan akan melakukan sebuah penelitian. Misalnya para mahasiswa yang sedang menjalankan penelitian didesa tertentu, maka mereka bisa memperoleh data-data yang mendukung untuk penelitian tersebut.

Fungsi Pelestarian
Seluruh nilai serta apresiasi budaya dari masyarakat bisa dilestarikan dengan adanya perpustakaan desa. Berbagai bacaan ataupun dokumentasi tersedia diperpustakaan desa, sehingga masyarakat mampu mengingat dan melakukan budaya tersebut, sehingga tidak akan terhapus oleh waktu.

Fungsi Informatif
Perpustakaan desa menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, fungsi ini merupakan fungsi informatif. Informasi yang didapatkan dari perpustakaan bersifat real dan bisa dibuktikan kebenarannya.

Fungsi Rekreasi
Perpustakaan juga bisa dijadikan sebagai tempat rekreasi atau hiburan. Setiap pengunjung bisa memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada didalam perpustakaan, seperti playground atau tempat bermain anak hingga tempat untuk mengembangkan bakat dan seni.

Perpustakaan Desa Yang Multifungsi

Perpustakaan memiliki fungsi yang sangat banyak, terlebih diera sekarang ini banyak sekali fasilitas yang tersedia pada perpustakaan. Meskipun terletak dipedesaan, bukanlah hal yang mustahil untuk perpustakaan desa menyediakan fasilitas lengkap, seperti media pembelajaran berupa LCD dan alat peraga lainnya.

Selain digunakan sebagai tempat untuk membaca, kini perpustakaan desa juga bisa dijadikan tempat untuk seminar, pertemuan warga, workshop, lokakarya dan lain sebagainya. Diharapkan dari berbagai fasilitas yang tersedia diperpustakaan desa, maka kebutuhan masyarakat akan sumber bacaan ataupun kegiatan lainnya bisa terpenuhi.

Perpustakaan Desa Yang Multifungsi

Serta mampu menumbuhkan minat baca masyarakat dan menarik masyarakat untuk sering-sering mengunjungi perpustakaan tersebut. Dengan begitu, sebuah desa bisa semakin maju dan berkembang dari berbagai aspek terutama dalam bidang pengetahuan dan informasi. Hingga pada akhirnya bisa memperbaiki kualitas sumber daya manusia masyarakat pedesaan.

Belum ada Komentar untuk "Ketahui Fungsi Perpustakaan Desa Untuk Kembangkan Pengetahuan Hingga Tingkatkan Prestasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel