Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Tips Meningkatkan Kualitas Perpustakaan Desa Agar Minat Baca Meningkat

Tips Meningkatkan Kualitas Perpustakaan Desa Agar Minat Baca Meningkat

Kualitas perpustakaan desa mempengaruhi minat baca para masyarakat di sebuah tempat. Dengan kualitas yang bagus akan membuat orang-orang tertarik untuk membaca di perpustakaan karena merasa mendapatkan manfaat didalamnya. Hal yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, seperti apakah cara untuk meningkatkan kualitas dari perpustakaan desa itu? Karena tidak dapat dipungkiri ternyata sulit melakukannya.

Butuh proses yang cukup lama untuk membuat para warga setempat tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan desa. Maka dari itulah, sekarang tugas kita untuk membuat perpustakaan desa yang mulanya biasa saja menjadi lebih menarik. Salah satu hal yang harus diperhatikan supaya orang-orang mau membaca buku adalah harus menciptakan ruangan yang nyaman.

Karena bagaimana mungkin orang-orang akan datang berkunjung bila perpustakaannya buruk? Jadi untuk meningkatkan minat baca mereka, ruangannya harus dibuat lebih menarik dulu. Selain itu, buat mereka penasaran dengan kualitas perpustakaan desa dengan cara melengkapi koleksinya. Sehingga minat bacanya semakin meningkat karena ingin tahu jawaban yang sedang dicarinya.

Meskipun sebenarnya tidak perlu datang ke perpustakaan bisa mencari segala informasinya melalui internet, namun tetap saja membuat minat baca meningkat itu sulit. Tidak semua orang tahu bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan membuat minat baca meningkat. Jadi untuk meningkatkan minat baca masyarakat di perpustakaan desa sebaiknya lakukan tips berikut ini!

Kenali Pengunjung Dulu

Jika sekarang ini Anda sedang menjadi pengurus perpustakaan, maka tahu siapa saja yang akan berkunjung kesana adalah hal penting. Karena pengunjung perpustakaan itu bisa datang dari profesi apa saja. Maka dengan mengenal seperti apakah calon pengunjungnya, Anda bisa lebih mudah merencanakan pengembangan lebih baik untuk perpustakaan tersebut.

Bila perpustakaannya terletak di desa, maka cobalah memperbanyak koleksi buku yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat desa. Anda juga bisa membuatnya lebih menarik dengan cara mengatur tata letak beserta desain interior, agar terlihat menarik supaya orang-orang bisa merasa lebih nyaman saat singgah disana.

Jadi sekali lagi untuk meningkatkan minat baca masyarakat sebaiknya jangan lupa mengenal pengunjungnya dulu. Dengan begitu, Anda tahu akan menyasar ke siapa saja perpustakaan itu nanti dibuat. Sehingga perpustakaan menjadi lebih ramai dan terawat karena banyak orang yang datang kesana.

Koleksi Buku Perpustakaan Harus Lengkap

Baik buruknya kualitas perpustakaan desa itu bisa dilihat dari kelengkapan koleksi buku di dalamnya. Bagaimanapun juga Anda harus tahu bahwa orang-orang datang kesana untuk menambah wawasan karena perpustakaan adalah tempatnya segala informasi di dunia. Jadi sebagai pengurus perpustakaan harus bisa membuatnya lebih menarik di mata publik.

Tidak lain yaitu dengan cara menambahkan koleksi buku yang ada di dalamnya, kemudian ditempatkan berdasarkan kategori bidang ilmunya. Dengan menata bukunya sesuai kategori secara berkelompok akan membuat pengunjung tidak kesulitan menemukan buku yang sedang dicarinya. Karena semua bukunya sudah ditata sesuai kategorinya masing-masing.

Supaya semakin menarik, sebaiknya lengkapi perpustakaan desa dengan koran harian. Dengan cara inilah akan membuat masyarakat desa bisa mendapat berita terupdate meskipun tinggal di pedesaan. Anda juga bisa menambah koleksi buku rutinan untuk membuat pengunjung lebih tertarik datang dan membaca buku di perpustakaan.

Adakan Lomba atau Event pada Hari Penting

Untuk membuat kualitas perpustakaan desa lebih baik di mata masyarakat sebaiknya buatlah acara rutinan pada momen tertentu. Misalnya saja saat memperingati hari penting, maka tidak ada salahnya untuk mengadakan lomba. Ini penting supaya masyarakat yang mulanya belum pernah datang ke perpustakaan menjadi tidak malu lagi berkunjung kesana.

Cara ini juga efektif mempererat silaturahmi antara pengurus dengan masyarakat. Dengan begitu keinginan masyarakat bisa tersampaikan lebih mudah karena tidak ada jarak diantara mereka dengan pengurusnya. Masukan yang didapatkan dari para masyarakat ini bisa dijadikan untuk meningkatkan kemajuan perpustakaan desa.

Namun meskipun begitu, sebaiknya jangan terlalu sering mengadakan acara atau perlombaan di perpustakaan. Karena tujuan utama dibangunnya perpustakaan adalah supaya para pengunjung merasa tenang saat membaca disana. Dengan membuat acara amal atau perlombaan efektif memotivasi warga supaya mau berkunjung ke perpustakaan.

Buat Ruangannya Senyaman Mungkin

Cara meningkatkan kualitas perpustakaan desa yang lainnya adalah dengan menciptakan ruangan nyaman. Mengatur ruangan perpustakaan itu wajib hukumnya. Bila ruangan perpustakaannya sempit (kecil), cobalah untuk mendesainnya berbentuk lesehatan (tanpa tempat duduk). Supaya ruangannya tidak semakin sempit karena kondisi yang terbatas.

Bila view luar perpustakaan bagus, buat saja jendela keluar supaya para pengunjung yang datang membaca bisa sekaligus melihat pemandangan disana. Bila memungkinkan, tidak ada salahnya tambahkan perangkat komputer didalam perpustakaan. Komputer akan berguna untuk anak-anak yang ingin mengerjakan tugas sekolah namun tidak memiliki PC di rumah.

Anda juga bisa membuat ruangannya semakin nyaman dengan cara menambahkan koneksi internet didalamnya. Sehingga semua media informasi yang dibutuhkan bisa dicari secara online. Dengan cara inilah akan membuat kualitas perpustakaan desa semakin meningkat. Karena tidak hanya ada buku saja, namun juga tersedia koneksi internet didalamnya.

Buat Daftar Buku Rekomendasi dan Terpopuler

Bila Anda kesulitan membuat daftar buku yang mau dimasukkan ke dalam daftar koleksi, maka buat saja daftar list yang paling ramai. Membuat listing buku yang sering dibaca pengunjung akan mempermudah pengurus dalam menambah koleksinya sesuai keinginan para masyarakat. Jadi semua buku yang dimasukkan sesuai kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, untuk proses pengadaan buku bisa dilakukan dalam banyak cara. Misalnya saja dengan saling tukar buku di antara perpustakaan desa yang lain. Anda bisa melakukan saling tukar buku terbanyak dipinjam atau dibaca dan buatlah list bacaan yang paling populer.

Cara ini efektif meningkatkan kualitas perpustakaan desa dan membuat pengunjung semakin tertarik dengan buku populernya tersebut. Selain itu, pengurus juga bisa memberikan saran dan rekomendasi buku kepada para peminjam, supaya mereka semakin tertarik untuk meminjamnya dan membaca isinya. Sehingga buku tersebut semakin populer.

Jam Buka Harus Tepat Waktu

Satu hal lagi yang harus benar-benar diperhatikan, ketika ingin membuat kualitas perpustakaan desa semakin meningkat adalah harus memperhatikan jam bukanya. Salah satu hal yang sering menyebabkan jumlah pengunjung semakin berkurang dan mereka malas berkunjung karena jam bukanya tidak konsisten. Maka dari itulah perhatikan hal ini sebaik mungkin.

Setiap pengurus wajib membuat jadwal buka dan tutup secara konsisten. Sebab bila jamnya tidak konsisten membuat pengunjung yang sudah datang bisa kecewa. Karena ternyata perpustakaannya masih tutup dan jam bukanya tidak jelas. Maka bila jumlah pengurusnya banyak, cobalah buat jadwal shift yang jelas.

Harus ada pembagian tugas yang tepat supaya jadwal buka dan tutup perpustakaan lebih jelas. Bagaimanapun juga, buku itu jendela dunia. Jadi buatlah perpustakaan desa layaknya sebuah rumah impian. Sehingga hal ini membuat minat baca masyarakat semakin meningkat karena mereka merasa kualitas perpustakaan desa sangat terjamin.

Belum ada Komentar untuk "Tips Meningkatkan Kualitas Perpustakaan Desa Agar Minat Baca Meningkat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel