Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Seperti Apakah Manfaat Perpustakaan Desa Itu? Ini Jawabannya!

Mengingat buku adalah jendelanya dunia maka tentunya manfaat perpustakaan desa itu ada banyak. Berdasarkan keputusan dari Mendagri No. 3 Th 2001 menyebutkan seputar pembentukan perpustakaan desa. Pengertian dari perpustakaan desa merupakan tempatnya persediaan bahan bacaan untuk sumber pengetahuan umum para masyarakat di pedesaan. Sehingga hadirnya perpustakaan desa bisa mencerdaskan bangsa.

Tidak hanya bisa mencerdaskan bangsa, perpustakaan desa juga bisa memberdayakan masyarakat sekaligus mendukung kegiatan pendidikan bertaraf nasional. Karena sumber belajar setiap orang itu berasal dari bahan bacaan yang dipelajari mereka demi menambah pengetahuan, wawasan, sekaligus membentuk sikapnya supaya lebih baik dan dewasa. Perpustakaan desa juga bisa mengembangkan keterampilan masyarakat.

Dimana pada akhirnya kualitas hidupnya menjadi lebih baik karena mereka memiliki pengetahuan yang cukup. Jadi fungsi perpustakaan desa sebenarnya adalah untuk mengorganisasikan bahan bacaan, mengembangkan koleksi buku, dan memberikan layanan kepada masyarakat. Selain itu, perpustakaan desa juga berfungsi untuk tempat belajar masyarakat sekaligus sebagai pusatnya melakukan kegiatan dan mencari informasi.

Gedung Perpustakaan dan Arsip Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan,
Kabupaten bengkalis Provinsi Riau

Jika sebelumnya sudah dibahas fungsi perpustakaan desa, maka seperti apakah tugas pokoknya? Tugas pokok dari perpustakaan desa adalah harus bisa melayani semua lapisan masyarakat setempat tanpa melihat gender, usia, pekerjaan/ profesi, pendidikan, keyakinan, agama, etnik, ras, dan status sosial. Jadi siapapun harus dilayani supaya manfaat perpustakaan desa bisa dirasakan bersama.

Lalu, seberapa pentingkah perpustakaan desa untuk masyarakat di pedesaan itu? Karena kebanyakan dari mereka sudah habis waktunya untuk mengurus kebutuhan rumah tangga di rumah. Sehingga mereka tidak memiliki waktu membaca buku karena belum menyadari manfaatnya. Maka dari itulah, berikut akan kami sebutkan beberapa manfaat dari perpustakaan desa, antara lain:

Perpustakaan Desa sebagai Pusat Informasi yang Murah

Perpustakaan desa itu bisa menjadi pusatnya informasi yang murah tapi cepat. Karena didalamnya dilengkapi dengan aneka buku seputar berbagai macam informasi penting yang bisa memberi wawasan bagi masyarakat setempat. Lebih menariknya lagi adalah ternyata semua informasi yang didapatkan itu tidak mahal.

Hanya dengan meluangkan waktu saja Anda sudah bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Karena didalamnya tersedia berbagai macam buku berdasarkan kategori dan jenis informasi yang sedang dicari. Jadi selain bisa menjadi tempat belajar sepanjang hayat, perpustakaan desa bermanfaat untuk wahana mencari informasi bagi masyarakat di pedesaan.

Sehingga jika kegiatan membaca buku di perpustakaan ini dikembangkan akan meningkatkan taraf hidup dan kualitas SDM masyarakat setempat. Saat masyarakat mulai menyadari manfaat perpustakaan desa untuk kehidupannya, dijamin dengan sendirinya mereka akan datang kesana untuk membaca buku dan mencari informasi penting didalamnya.

Tim perpustakaandesa.id bersama Bapak Rudi Zulhelvis,  SH
Kepala Desa Kesumbo Ampai saat berkumjung ke
Perpustakaan Desa Kesumbo Ampai
Perpustakaan Desa Membuat Pengetahuan Masyarakat Meningkat

Melalui buku, tidak ada yang akan terlewatkan. Karena buku perpustakaan itu berisi berbagai macam informasi penting yang dapat meningkatkan produktivitas pembacanya. Misalnya saja bila warga desa yang berprofesi sebagai peternak lele datang berkunjung ke perpustakaan, kemudian membaca bukunya. Dari situlah mereka akan mendapat informasi yang bermanfaat.

Dengan membaca buku di perpustakaan, peternak lele bisa mendapatkan informasi seputar cara menggemukkan ikan dan teknik pengelolaan dengan benar. Sementara itu bagi ibu rumah tangga, membaca buku di perpustakaan desa akan membuat mereka lebih kreatif. Karena dengan cara inilah mereka bisa mempelajari aneka masakan yang berasal dari bahan lokal.

Sedangkan bagi seorang petani, dengan  mereka datang berkunjung ke perpustakaan desa akan membuat mereka tahu bagaimana cara membuat pupuk organik. Dengan begitu, mereka bisa lebih hemat karena bisa membuat pupuk sendiri yang lebih sehat dan baik untuk tanamannya. Itulah beberapa manfaat perpustakaan desa yang jarang disadari oleh masyarakat di pedesaan.

Perpustakaan Desa Bisa Menjadi Pusat Pendidikan Masyarakat

Perpustakaan desa merupakan pusatnya berbagai macam informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat desa. Maka dari itulah, perpustakaan desa bisa menjadi pusat pendidikan terbaik bagi mereka untuk mempelajari banyak hal. Warga desa akan mendapatkan jawaban seputar apa saja yang selama ini dipikirkannya dari membaca buku di perpustakaan. Tentu saja ini sangat membantu!

Sehingga manfaat perpustakaan desa itu bisa berperan menjadi lembaga yang dapat memberikan pendidikan lewat pengetahuan dari buku bacaannya. Dengan membaca buku, warga desa bisa menambah pengetahuan barunya. Keberlangsungan pendidikan semakin membaik bila didukung dengan kelengkapan informasi didalamnya, yaitu harus ada perpustakaan.

Karena perpustakaan bisa menjadi pilarnya pendidikan yang ideal untuk masyarakat umum. Dengan mengajarkan anak-anak untuk berkunjung ke perpustakaan desa akan membuat mereka belajar lebih mandiri lagi. Karena mereka akan lebih banyak membaca dan belajar tentang apa saja yang dibutuhkan tanpa harus bertanya kepada orang tua.

Perpustakaan Desa Bisa Menjadi Sarana Rekreasi dan Literasi

Manfaat perpustakaan desa lainnya adalah bisa menjadi sarana rekreasi sosial masyarakat di pedesaan. Karena warga desa bisa menghabiskan waktunya lebih bermanfaat dengan membaca buku yang ada di perpustakaan. Entah itu dengan membaca buku cerita, novel, dan bahan bacaan yang lainnya. Jadi selain bisa memberikan hiburan juga memberi pengetahuan yang bermanfaat.

Untuk membuat kualitasnya lebih baik, pihak pengurus perpustakaan bisa bekerja sama dengan banyak pihak. Baik dari pihak swasta dan masyarakat setempat. Peran masyarakat bisa berbentuk pengelolaan, pengembangan, penyelenggaraan, dan pengawasan. Dari sinilah diharapkan supaya perpustakaan mulai bertransformasi menjadi berbasis inklusi sosial. Sehingga dengan cara inilah bisa membuat masyarakat lebih berliterasi.

Saat peran literasi masyarakat mulai meningkat, maka dari sinilah manfaat perpustakaan desa bisa membuat kesejahteraan warga desa semakin meningkat. Karena hadirnya perpustakaan pada dasarnya mampu memberi dampak yang positif untuk mereka dari semua kalangan usia, baik anak-anak, remaja, orang dewasa, dan lansia. Hadirnya perpustakaan bisa menciptakan budaya literasi lebih sempurna.

Mengajarkan anak-anak untuk gemar membaca akan membuat mereka lebih paham betapa pentingnya pengetahuan di mata mereka. Sehingga hal ini akan membuat mereka terbiasa mencari pengetahuan berbasis literatur. Otomatis dengan sering melakukannya akan membuat warga desa memiliki generasi yang lebih cerdas dan mempunyai tradisi intelektual sempurna daripada masyarakat perkotaan.

Peran Kultural Perpustakaan Desa untuk Melestarikan Warisan Budaya Desa

Salah satu manfaat perpustakaan desa yang jarang diketahui masyarakat adalah bisa meningkatkan kemajuan budaya di pedesaan. Karena perpustakaan desa ini bisa dijadikan sebagai tempat untuk melakukan pameran, diskusi, dll. Jadi perpustakaan bisa menjadi wadahnya masyarakat desa yang ingin mengembangkan jiwa seni dan budayanya lebih baik.

Dengan begitu perpustakaan desa bisa menjadi spirit yang lebih positif untuk masyarakat desa. Sehingga kehidupan sosial ekonomi mereka lebih baik, karena sudah dibekali dengan pengetahuan yang mapan sejak budaya membaca di perpustakaan desa diterapkan. Bagaimanapun juga, semua orang berhak memiliki ilmu pengetahuan.

Maka dari itulah, kemudian dibangun sebuah perpustakaan desa supaya para masyarakat melihat dunia lebih luas dan tidak hanya terpaku pada mitos saja. Terlebih saat ini sudah banyak perpustakaan desa yang dilengkapi dengan koneksi internet didalamnya. Sehingga hal ini memberikan dampak yang positif. Karena manfaat perpustakaan desa ada banyak untuk masyarakat.

Belum ada Komentar untuk "Seperti Apakah Manfaat Perpustakaan Desa Itu? Ini Jawabannya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel