Entri yang Diunggulkan

Sudah Ramai Online, Apakah Perpustakaan Desa Masih Berpotensi Diminati ?

Perpustakaan Desa, kata ini mungkin sudah mulai jarang terdengar di telinga Anda. Apakah Anda pernah sekali saja berkunjung ke perpustakaan ...

Memahami Arti dan Peran Perpustakaan Desa Bagi Perkembangan Masyarakat


Tahukah Anda bahwa peran perpustakaan desa bisa membawa dampak positif bagi perkembangan masyarakat di desa itu sendiri. Namun menumbuhkan kesadaran untuk membaca masih sangat sulit. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang menganggap kalau membaca sangat membosankan. Sehingga lebih memilih untuk menonton TV yang berisi berbagai acara menarik daripada membaca.

Memahami Arti dan Peran Perpustakaan Desa Bagi Perkembangan Masyarakat
Contoh Desain Eksterior Perpustakaan Desa
Desain oleh http://griyabagus.com
Banyak juga masyarakat yang merasa tidak punya waktu untuk membaca dengan berbagai alasan. Ada yang alasan sibuk sama kegiatan sekolah, mengurus rumah tangga, beban pekerjaan dan masih banyak lagi. Padahal dengan membaca buku minimal satu minggu sekali saja. Sudah banyak informasi yang didapatkan secara gratis bagi siapapun yang suka membaca.

Maka dari itu, saat ini Pemerintah Desa menyediakan tempat yaitu sebuah perpustakaan desa untuk masyarakatnya agar bisa memulai membaca lagi. Untuk meningkatkan kesadaran membaca diperlukan lagi pemahaman yang lebih luas mengenai manfaat membaca. Sehingga peran perpustakaan desa sebagai pusat informasi dan meningkatkan pengetahuan masyarakat bisa tersampaikan dengan baik.

Mungkin dari Anda masih banyak yang belum memahami dan mengetahui kalau di desa sudah ada perpustakaan. Maka dari itu, untuk meningkatkan minat masyarakat mengunjungi perpustakaan desa. Dibawah ini diuraikan seberapa penting peran sebuah perpustakaan desa untuk perkembangan. Sehingga diharapkan dengan kerja sama masyarakat bisa memajukan perpustakaan dan desa itu sendiri.

Pengertian Perpustakaan Desa yang Saat Ini Tengah Dikembangkan 

Sebagai dasar pengetahuan Anda tentang peran perpustakaan desa maka harus diketahui terlebih dahulu pengertiannya. Perpustakaan desa adalah sebuah lembaga bergerak di bidang layanan publik di suatu desa. Adanya perpustakaan desa bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal membaca demi pengetahuan yang lebih luas lagi.

Dengan adanya perpustakaan yang ada di desa-desa diharapkan pengembangan SDM bisa dimulai dari tingkat desa / kelurahan. Jika masyarakat desa memiliki rasa ingin tahu yang besar dengan mencari informasi dari buku. Maka perkembangan desa bahkan negara bisa diwujudkan dengan lebih mudah.

Peran Penting Perpustakaan Desa Bagi Perkembangan Minat Baca

1. Sebagai pusat informasi
Peran perpustakaan desa yang sangat penting yaitu sebagai pusat informasi yang murah dan cepat. Bisa dikatakan demikian karena segala informasi bisa didapat dari buku yang disediakan secara gratis. Anda dan masyarakat desa lainnya hanya perlu meluangkan waktu untuk datang ke perpustakaan. Jika tidak bisa setiap hari maka bisa pas weekend.

2. Meningkatkan kemampuan masyarakat
Dengan rajin membaca informasi-informasi penting secara tidak sadar bisa meningkatkan kemampuan masyarakat. Seperti contoh diperpustakaan desa disediakan buku tentang budidaya lele atau ikan lain. Dengan membaca buku tersebut Anda bisa mencoba melakukan budidaya secara langsung. Dibantu panduan yang ada pada buku tersebut, maka bisa sukses berbisnis budidaya lele.

3. Sebagai pusat pendidikan masyarakat
Peran perpustakaan desa lainnya adalah sebagai pusat pendidikan masyarakat desa. Buku yang dibaca pasti akan memberikan informasi bermanfaat untuk siapapun. Maka secara tidak langsung akan memberikan pendidikan secara tidak formal kepada masyarakat. Anda akan selalu mendapatkan pengetahuan baru setiap kali membaca buku.

4. Sebagai sarana rekreasi edukasi
Perpustakaan desa bisa juga digunakan sebagai sarana rekreasi edukasi yang sangat bermanfaat. Daripada Anda menghabiskan waktu untuk pergi berlibur dan menghabiskan uang. Lebih baik menghabiskan waktu quality time bersama keluarga dengan mengajak membaca di perpustakaan desa. Sehingga bisa memberikan edukasi kepada suami, istri, anak ataupun orang tua.

5. Membangun tradisi literasi
Adanya peran perpustakaan desa sebagai sarana membangun tradisi literasi sangat memberikan banyak manfaat. Apalagi saat ini membaca mulai ditinggalkan dan tergantikan oleh alat-alat teknologi. Adanya perpustakaan desa diharapkan bisa membangun tradisi literasi sedini mungkin. Sehingga anak-anak bisa mengenal membaca dari usia dini.

Tips Agar Perpustakaan Desa Diminati dan Sering Dikunjungi 

1. Tempat cukup nyaman
Mengingat pentingnya peran perpustakaan desa terhadap perkembangan suatu desa dan Negara. Maka perlu dipikirkan cara agar perpustakaan desa diminati dan sering dikunjungi. Salah satunya adalah dengan menyediakan tempat membaca yang nyaman. Tempat membaca bisa dari disediakan tempat duduk untuk posisi membaca nyaman, cahaya ruangan dan sirkulasi udara.

2. Koleksi buku banyak
Tips kedua yaitu dengan menyediakan koleksi buku yang cukup banyak dan beragam. Sehingga masyarakat bisa membaca banyak hal dan tidak merasa monoton. Selain itu buku yang disediakan juga harus beragam, baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Jadi para orang tua bisa membaca sendiri sekaligus mengajak anak-anak untuk membaca buku sendiri.

3. Pelayanan yang baik
Untuk menunjang peran perpustakaan desa yang sangat penting maka harus didukung dengan pelayanan. Masyarakat pasti menginginkan pelayanan yang baik, ramah dan sopan. Maka dari itu, selain menyediakan tempat untuk perpustakaan, buku-buku yang bisa dibaca. Maka pemerintah desa juga harus memperhatikan pelayanan baik dari segi administrasi, kebersihan dan masih banyak lagi.

4. Diperbolehkan meminjam buku
Terkadang banyak orang yang merasa malas datang ke perpustakaan desa karena tidak memiliki waktu. Cara termudah untuk tetap meningkatkan minat membaca adalah dengan diperbolehkan meminjam buku. Jadi masyarakat tetap bisa membaca buku setiap hari tanpa harus datang ke perpustakaan. Hal ini cukup efektif untuk meningkatkan kesadaran akan budaya membaca.

Faktor-Faktor yang Mendorong Meningkatnya Minat Baca Masyarakat

1. Keadaan lingkungan yang mendukung
Peran perpustakaan desa bisa menjadi terwujud dengan baik jika keadaan lingkungan yang mendukung. Maka dari itu, sebagai tugas dari pemerintah desa menciptakan suasana desa yang kekeluargaan. Dengan begitu, akhirnya banyak orang yang suka pergi ke perpustakaan desa untuk bertegur sapa dengan warga lainnya.

2. Meningkatnya kesadaran untuk membaca
Faktor-faktor lain yang mendorong meningkatnya minat baca masyarakat yaitu karena diimbangi dengan kesadaran untuk membaca. Sehingga tanpa harus disuruh-suruh oleh aparat desa, sudah banyak masyarakat yang memang ingin membaca. Namun untuk meningkatkan kesadaran membaca masyarakat pedesaan tentu membutuhkan waktu dan kesabaran.

3. Banyak buku-buku menarik 
Masyarakat akan memiliki minat membaca yang tinggi baik dari kalangan anak-anak, remaja dan dewasa. Jika buku yang disediakan dalam perpustakaan desa cukup beragam dan menarik sesuai dengan usia mereka. Jadi ada buku yang memang sesuai dengan usia masing-masing. Dengan begitu, siapapun akan menjadi tertarik untuk membaca buku di perpustakaan desa.

4. Sarana berkumpul dengan teman
Sebagai faktor penunjang meningkatnya minat membaca, karena bisa sebagai sarana berkumpul dengan teman. Anda bisa mengajak teman-teman untuk membaca bersama di perpustakaan desa daripada menghabiskan waktu untuk hal-hal tidak penting. Jika satu orang bisa mengajak beberapa teman, maka perpustakaan desa bisa semakin ramai.

Pentingnya peran perpustakaan yang ada di desa sebagai penunjang perkembangan bagi desa itu sendiri bahkan negara. Banyak orang yang masih merasa ragu dan malas untuk membaca karena berbagai hal. Maka dari itu, untuk bisa mensukseskan program perpustakaan desa, perlu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya peran perpustakaan desa itu sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Memahami Arti dan Peran Perpustakaan Desa Bagi Perkembangan Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel